Bupati Tolitoli Tinjau Kegiatan Normalisasi Sungai Lembeh, Amran Harap Bencana Banjir Dilembah Dapat Diatasi

Tolitoli, Sulteng | Kabartoday.com – Sebagai upaya penanggulangan banjir yang terus terjadi di wilayah sekitar sungai Lembeh, kegiatan normalisasi sungai Lembeh dikerjakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tolitoli.

Bupati Tolitoli Amran Hi Yahya mengatakan kegiatan normalisasi ini merupakan langkah awal pemerintah daerah Tolitoli dalam membantu masyarakat untuk mengantisipasi banjir bandang yang terjadi di Lanoni II beberapa waktu lalu.

“Kegiatan Normalisasi sungai ini merupakan upaya kami Pemerintah Kabupaten Tolitoli dalam membantu masyarakat Khususnya masyarakat lembah, agar terhindar dari musibah banjir, Dengan harapan normalisasi ini dapat mengurangi debit air sungai Lembeh, sehingga dengan berkurangnya debit tersebut, potensi terjadinya bencana banjir dapat diminimalisir,“ kata Bupati Amran Hi Yahya saat meninjau lokasi normalisasi sungai Lembeh hari Senin (20/09/2021).

“Normalisasi sungai Lembeh akan terus dilakukan, dimana tahun depan pemerintah provinsi Sulawesi tengah melalui Dinas Cikasda telah menganggarkan untuk penanganan sungai yang di kabupaten Tolitoli,” Tambah Amran

Lanjut Amran Hi Yahya, menuturkan bahwa normalisasi sungai lembeh merupakan langkah awal dan antisipasi yang dilakukan oleh pemerintah Tolitoli, dimana sungai lembeh ini melintasi pemukiman warga, dan jalan pemukiman yang merupakan akses utama bagi masyarakat Lembah untuk menuju ke kebun, sehingga ketika hujan deras turun yang terjadi adalah banjir sehingga akses tersebut terganggu, hingga banjir selalu menganggu aktivitas di rumah sakit.

“Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa ketika terjadi banjir di wilayah lembah ini, banjir bisa mencapai di fasilitas milik pemerintah, sehingga kegiatan dirumah sakit Mokopido dapat terganggu,”, ujar Amran

Politisi Partai Bulan Bintang ini juga mengatakan bahwa dirinya akan terus mendorong Pemerintah Provinsi, Pusat untuk terus memberikan bantuan anggaran untuk kegiatan normalisasi ini, sehingga kedepannya persoalan banjir di Kabupaten Tolitoli dapat penanganan secara permanen.

“Saya akan terus mendorong Pemerintah Provinsi Sulawesi tengah, untuk melakukan upaya penanganan banjir ini, karna untuk sungai yang ada diKabupaten Tolitoli sudah menjadi kewenangan provinsi, sehingga pengerjaan sungai Lembeh bisa di kerjakan secara permanen.” kata Amran

Sementara itu, menurut sekertaris BPBD Tolitoli Vidia Putra dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa kegiatan yang saat ini dilakukan adalah normalisasi, berupa pelebaran sungai, hingga pendalaman sungai.

“Kegiatan normalisasi ini dilakukan pada sungai Lembeh, kami memperluas sungai hingga melakukan pendalaman sungai, karna dengan cara inilah kita bisa mengurangi banjir yang terjadi diKabupaten Tolitoli khususnya Lakoni II,”tutup ahmad.

Kunjungan Bupati Tolitoli di jalan Lanoni II turut didampingi Wakil Bupati Tolitoli, Kepala BPBD Tolitoli dan sekertaris, Kepala Dinas PUPR Tolitoli, Kepala Dinas Transmigrasi, Lurah Baru, Babinsa Koramil 1035-01/Baolan, Anggota DPRD Tolitoli Mubarak, Hi, Muslimin dan Saleh Kani. ,***