Bupati Pulpis Akan Tindak Tegas ASN Yang Keluyuran Saat Jam Kerja

Kalteng, Kabar Today.com – Apel Gabungan setiap tanggal 17 rutin digelar oleh Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau ( pulpis) Kalimantan Tengah, Kamis (17/01) pagi dan berlangsung di Halaman Kantor Bupati setempat.

Bupati Pulang Pisau H. Edy Pratowo bertindak sebagai pemimpin apel gabungan tersebut. Dalam sambutannya, Bupati sempat melontarkan instruksi keras dihadapan para peserta apel dari seluruh pejabat dan aparatur sipil negara ( ASN ) dilingkup Pemerintah kabupaten Pulpis.

Edy meminta dan mengintruksikan kepada Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) kabupaten pulpis agar lebih meningkatkan fungsi pengawasan dan kontrol di lapangan, baik pengawasan terhadap ASN yang melanggar disiplin kerja maupun dalam mengawasi fasilitas umum.

“Informasi yang didapat baru-baru ini dari kontrol pihak DPRD Pulpis yang sempat memuat melalui media, terkait masih adanya oknum ASN yang masih keluyuran di saat jam kerja, maka dengan adanya kejadian itu, saya minta kepada Satpol PP untuk meningkatkan pengawasannya,” tegas Edy.

Lebih lanjut, Edy menambahkan, apabila nantinya masih didapati oknum ASN yang masih keluyuran ditempat keramaian saat jam kerja kantor, seperti pasar atau di tempat fasilitas – fasilitas umum lainnya, tanpa memiliki alasan dan keterangan yang jelas, maka Satpol PP harus mengambil tindakan tegas. Jika perlu, ASN yang bersangkutan dibawa ke kantor Satpol PP untuk didata dan beri peringatan.

“Satpol PP harus melakukan monitoring terhadap ASN yang melakukan pelanggaran pada saat jam kerja, karena ini adalah bentuk dari fungsi kontrol di lapangan. Bila masih didapat, angkut saja ke Kantor Satpol PP untuk diproses lebih lanjut,” kata orang nomor satu di Bumi Handep Hapakat ini dengan keras.

Disamping melakukan peningkatan pengawasan kepada ASN yang keluyuran pada saat jam kerja, Edy Pratowo juga meminta Satpol PP untuk meningkatkan kontrol dan pengawasan di lapangan.
Kabupaten Pulang Pisau memiliki banyak fasilitas sarana dan prasarana umum seperti, ruang terbuka hijau, Taman Sumbu Kurung, sarana bermain anak serta fasilitas – fasilitas umum lainnya yang sangat memerlukan pegawasan, dan itu juga merupakan salah satu tugas Satpol PP.

“Seperti yang kita tahu, begitu banyak fasilitas-fasilitas umum yang sudah kita bangun ini dirusak oleh sekelompok oknum yang tidak bertanggung jawab. Oleh sebab itu, Satpol PP harus lebih meningkatkan pengawasannya sehingga kejadian – kejadian seperti itu tidak terjadi lagi,” tutup Edy penuh harap. ( Suyanto).