Buka PT2L, dr. Bawa Minta Penyuluh KB Kolaborasi Bersama Kader KB

SUYANTO | PULANG PISAU | KALTENG – Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis), dr. Bawa Budi Rahardja membuka kegiatan Pembinaan Tenaga Lini Lapangan (PT2L) Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD) atau kader KB, Selasa (14/07).

Kegiatan itu bertempat di Aula Kantor Kecamatan Kahayan Hilir, dengan menghadirkan pamateri perwakilan BKKBN Provinsi, Djuwiyanto, Kasubid Hubungan antar lembaga dan Bina Lini Lapangan BKKBN Provinsi Kalteng, dan dihadiri Dr M Fitriyanto, Kabid Pengendalian Penduduk BKKBN Kalteng.

Kepada Kabar Today.com, pria yang akrab disapa dr. Bawa itu mengatakan, dilaksanakannya kegiatan pembinaan kader PPKBD tersebut dengan harapan bisa membantu menyelesaikan tugas-tugas program KB yang seharusnya dihandle oleh Penyuluh Keluarga Berencana (PKB).

“Kami telah melaksanakan beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan di beberapa Kecamatan.Namun, rata-rata kader KB masih belum paham tugas dan fungsinya,” kata dr. Bawa.

Hal tersebut, lanjutnya, karena pihaknya mengaku masih kekurangan tenaga. Dengan kegiatan ini, dirinya berharap kader-kader KB bisa berkolaborasi dengan PKB, sehingga nantinya bisa menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan data-data KB.

“Idealnya, satu PKB itu membina 4 Desa. Tapi, untuk saat ini akan kita optimalkan dengan dibantu oleh kader-kader KB supaya sinergris dalam menjalankan program,” tambahnya.

Seperti apa yang dikatakan oleh Kepala BKKBN Pusat, masih menurut dr. Bawa, yaitu meningkatkan kualitas keluarga. Dalam pengertian, tidak cuma menekan jumlah anak, tetapi meningkatkan kualitas anak dengan cara meningkatkan SDM kader KB.

“Kegiatan juga meneruskan amanah dari Bapak Bupati Pulpis, untuk selalu menerapkan protokol kesehatan melalui kader KB agar disampaikan ke masyarakat,” pintanya.

Dikatakan dr. Bawa, kader-kader KB ini juga merupakan titik ujung tombak dalam memutus rantai penyebaran Covid-19. Selain itu, diperlukan kerjasama lintas dinas terkait demi satu tujuan yakni, membentuk masyarakat di Kabupaten Pulpis yang berkualitas.

“Kegiatan ini juga merupakan tindaklanjut dan kesepakatan dari kegiatan Staff Meeting yang dilaksanakan akhir Juni 2020 yang lalu,” tandasnya. KABAR TODAY.COM