Buka Lahan Tanpa Membakar, Kapolsek Kahayan Hilir Tinjau Kebun Jadak

SUYANTO | PULANG PISAU | KALTENG –
Kapolsek Kahayan Hilir, Ipda. Widodo, SE beserta personil Polsek Kahayan Hilir, Polres Pulang Pisau (Pulpis) meninjau lahan perkebunan milik Jadak salah satu warga Desa Anjir Pulpis. Lokasi perkebunan tersebut berada diujung Komplek Perkantoran Kabupaten Pulpis, tepatnya di Jalan WA Dhuha.

Kapolres Pulpis, AKBP. Yuniar Ariefianto SH.,S.I.K.,M.H melalui Kapolsek Kahayan, Hilir. Ipda Widodo, SE saat dibincangi Kabar Today.com mengatakan, perkebunan milik Jadak ini, pengelolaan lahannya secara manual dan tidak dengan membakar.

“Pak Jadak ini merupakan petani yang membuka lahannya tanpa dibakar. Dihadapan kami tadi, beliau juga sempat mempraktekkan cara mengolah tanah dan bercocok tanam secara manual,” kata Widodo.

Untuk jenis tamanan yang ada dikebun itu, terang Widodo, ada beraneka ragam, seperti padi, singkong, jagung, terong, lombok, kacang panjang dan tebu. Dan semua tanaman yang ada dikebun seluas 3 Hektare tersebut terlihat tumbuh subur.

“Ini merupakan contoh bagi petani dan peladang di Kahayan Hilir khususnya, bahwa tidak semua membuka lahan gambut itu harus dengan cara membakar hutan atau lahan. Asal ada kemauan dan kerja keras pasti bisa. Ini sudah terbukti, tanpa dibakarpun lahan Pak Jadak bisa subur dan hasil panennya juga memuaskan,” tambahnya.

Dikatakan lebih lanjut, peninjauan ini dalam rangka persiapan lomba Lewu Isen Mulang atau disebut Desa Pantang Mundur tingkat Kabupaten yang diinisiasi oleh Kapolda Kalteng, Brigjen Pol, Dedy Prasetyo yang memliki 3 kriteria.

“Memiliki ketahanan pangan, berupa pertanian, perkebunan, peternakan, Desa bebas Covid-19 dan Desa bebas Karhutla,” jelasnya.

Dalam kegiatan tersebut, Kapolsek juga menyerahkan bantuan sosial kepada Jadak berupa sembako dan juga masker. Selama kegiatan berlangsung, situasi aman dan kondusif. KABAR TODAY.COM