Bobol Kotak Amal, Mantan Imam Dibekuk Jajaran Polsek Kahayan Hilir

SUYANTO | PULANG PISAU | KALTENG – Kurang dari 24 jam, pelaku pembobol kotak amal Masjid Nurul Iman berhasil dibekuk personel gabungan unit Resmob Polres Pulang Pisau (Pulpis) dan jajaran unit Reskrim Polsek Kahayan Hilir (Kahlir).

Pelaku diketahui bernama Hendra Maulana (24), warga Desa Anjir Serapat Muara RT. 06 Kecamatan Anjir Muara, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan tersebut ditangkap di jalan Patih Rumbih, Kelurahan Selat Barat, Kecamatan Selat, Kabupaten Kuala Kapuas, Kalimantan Tengah pada Rabu (19/2/2020) pukul 20.30 WIB.

Kapolres Pulpis, AKBP Siswo Yuwono BPM melalui Kapolsek Kahayan Hilir, Ipda Widodo mengatakan, berdasarkan rekaman CCTV yang terpasang disudut masjid, pelaku melakukan aksinya pada hari Rabu (19/02) sekitar pukul 03.30 WIB.

Pencurian tersebut pertama kali diketahui oleh seorang pengurus masjid yang tengah membuka pintu bagian belakang dan menghidupkan lampu. Tiba-tiba dirinya melihat kotak amal yang terbuat dari kaca putih sudah dalam keadaan terbuka dengan gembok sudah rusak.

“Setelah menerima laporan, personel kami segera menuju ke TKP. Untuk jumlah uang yang berhasil dibawa kabur kurang lebih sekitar Rp. 3 juta,” jelas Kapolsek kepada media ini, Kamis (20/02).

Setelah dilakukan penangkapan dan juga menurut pengakuan pelaku, lanjut Widodo, diketahui bahwa pelaku tersebut sudah beberapa kali melakukan aksi pencurian kotak amal ditempat yang sama.

“Pelaku sudah tiga kali melakukan aksinya di masjid Nurul Iman ini. Pelaku juga pernah membuat tulisan Kaligrafi di masjid ini selama kurang lebih 7 bulan. Bahkan pelaku juga sempat menjadi imam dan muazin masjid, sehingga pengurus masjid mengenalnya, saat terekam CCTV,” ungkapnya.

Atas kejadian tersebut, pihak Polsek Kahayan Hilir, Polres Pulpis mengimbau kepada masyarakat, dinas, instansi, badan maupun kantor agar memasang CCTV di tempat-tempat umum yang rawan dijadikan tindak kriminal.

“Dengan adanya CCTV di tempat-tempat rawan, tentunya dapat membantu pihak kepolisian apabila terjadi kejahatan atau tindak pidana dalam hal pengungkapan pelaku atau membantu dalam penyelidikannya,” pungkasnya.KABAR TODAY.COM