BKPSDM Provinsi Sulteng Gelar Inovasi Aksi Perubahan

Tolitoli, Sulteng Kabartoday.com – Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Propinsi Sulawesi Tengah mengadakan acara Gelar Inovasi Aksi Perubahan mendukung kinerja Pemerintah Daerah Kabupaten Tolitoli bertempat di Ruang Suwot Pollimpungan Kantor Bupati Tolitoli. Senin (27/09).

Kegiatan Gelar Inovasi Aksi Perubahan mendukung kinerja Pemerintah Daerah Kabupaten Tolitoli oleh Pemerintah Provinsi Sulteng bekerjasama dengan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Tolitoli.

“Inovasi yang lahir dari aksi perubahan seluruh reformer pelatihan KPA dan KPP ini harus terus dipelihara dan keberlanjutan, sebab inovasi ini lahir dari seluruh alumni dan tidak lagi menjadi milik pribadi atau produk belajar pribadi, tetapi sudah menjadi milik dan tanggungjawab dari masing-masing perangkat daerah termasuk Kabupaten Tolitoli”, ujar Wakil Bupati, Moh. Besar Bantilan saat membuka kegiatan.

Lanjut Wakil Bupati, Untuk masing-masing pimpinan perangkat daerah harus memberikan dukungan penuh dan memastikan pelatihan KPA dan KPP secara keberlanjutan sehingga inovasi aksi perubahan dapat tetap bertahan.

“Khusus kepada Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) agar dapat memberikan dukungan dan pengawalan serta pendampingan, agar aksi perubahan yang ada dapat diseleksi untuk ditingkatkan, serta statusnya menjadi inovasi daerah, dan persiapan untuk mengikuti lomba inovasi daerah di tingkat Nasional”, Lanjutnya.

Ia menambahkan, Inovasi alumni PKA dan PKP yang ditampilkan pada gelar inovasi di masing-masing Spot Menawan dapat terus meningkatkan kreativitas yang dapat membawa nama harum daerah Tolitoli.

“Inovasi yang ditampilkan adalah Pulau Kapas oleh Nurahman Syah, SP. MM (PKA/PIM III), Putra Online (Pemukiman Transmigrasi Online) oleh Abdullah Haruna, S.Pt (PKA/PIM III), Pemberdayaan Masyarakat melalui Pendampingan Ibu Hamil Berisiko oleh Kader Kesehatan (1 Bumil 1 Kader) Agar Ibu dan Bayi Selamat oleh Titis Widaryani, SKM.,M.Kes (PKA/PIM III), Sistem Peringatan Dini Siaga Banjir oleh Sitti Hadeni, SH (PKA/PIM III), Sistem Informasi Pelaksanaan Konstruksi Berbasis Teknologi oleh Junaedi, ST (PKP/PIM IV), Melani Masbel (Media Layanan Informasi Masyarakat Melalui TV Kabel) oleh Bustan, SE (PKP/PIM IV), Si Istri Ke Enam (Sistem Informasi Data Industri Kecil Menengah Makanan Dan Minuman Berbasis Website) oleh Febryanti Lamala, ST (PKP/PIM IV), Pemanfaatan Jerami Padi Fermentasi Sebagai Pakan Ternak oleh Sri Rahayu, S.Pt (PKP/PIM IV), dan Sistem informasi Perikanan Tandoleo oleh Fuad Alatas, SE.,MM (PKP/PIM IV),” Kata Moh. Besar Bantilan.

Pada kesempatan itu, Kepala BPSDMD Provinsi Sulawesi Tengah Dra. Novalina, MM menjelaskan tujuan gelar inovasi ini untuk merefresh dan mengasah kembali proyek perubahan sebagai suatu inovasi dari seluruh alumni Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) atau yang dikenal dengan Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklat PIM) Tingkat III dan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) yang dikenal dengan Diklat PIM IV.

“Aksi perubahan atau inovasi yang sudah dilaksanakan ini, tidak hanya menjadi catatan atau menjadi kenangan semata tetapi dapat berlanjut khususnya untuk kepentingan pembangunan daerahnya”, harapnya.

Di akhir acara, Wakil Bupati Tolitoli Moh. Besar Bantilan didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Tolitoli Moh. Asrul Bantilan, S.Sos dan Kepala BKPSDM Kabupaten Tolitoli Usman Taba, SE.,MH.,MM menyampaikan ucapan selamat ulang tahun dari jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Tolitoli kepada Kepala BPSDMD Provinsi Sulawesi Tengah yang berulang tahun pada tanggal 27 September 2021. ***Mad***