Bhabinkamtibmas Polsek Banting Sambangi Warga Desa Binaan


SUYANTO | PULANG PISAU | KALTENG – Dalam mencegah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang kini telah memasuki musim kemarau, anggota Bhabinkamtibmas Polsek Banaman Tingang (Banting), Polres Pulang Pisau (Pulpis) yang ada di Desa- desa binaan terus memberikan himbauan dalam pencegahan karhutla.


Kapolres Pulang Pisau (Pulpis) AKBP Yuniar Ariefianto melalui Kapolsek banting Iptu Ivan Danara Oktavian mengatakan bahwa giat yang dilakukan pihaknya, sebagai bentuk tindakan pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). 


“Yaitu dengan memberikan himbauan karhutla kepada masyarakat di Desa binaan di wilayah hukum Polsek Banting,” ucap Kapolsek, Rabu (05/08).


Kapolsek menjelaskan, giat ini pihaknya lakukan secara rutin, dalam hal memberikan himbauan masyarakat secara langsung. Sehingga, masyarakat menjadi lebih paham akan dampak dan bahaya yang akan dialami jika terjadi Karhutla.

 
“Dengan harapan, masyarakat dapat berpikir bijak untuk tidak membakar hutan dan lahan di saat musim kemarau nanti, mengingat dampak yang ditimbulkan asap dapat merugikan orang banyak,” tambahnya.


Lebih lanjut, Ivan mengharap bahwa apa yang dilakukan pihaknya dalam memfokuskan untuk menumbuhkan kesadaran dari masyarakat supaya tidak membakar hutan dan lahan demi kepentingan pribadi. Apalagi disaat musim kemarau nanti, sehingga jangan sampai terjadi seperti tahun sebelumnya.


“Jangan sampai kejadian seperti beberapa tahun lalu terulang kembali. Pikirkan nasib dari anak-anak kecil dan orang tua yang rentan terkena penyakit akibat dari asap yang ditimbulkan. Mari kita jaga lingkungan kita agar orang-orang yang kita sayangi tidak terkena dampaknya,” pintanya. KABAR TODAY.COM