Bersama OMS dan Media Massa, Bawaslu Pulang Pisau Gelar Sosialisasi

SUYANTO | PULANG PISAU | KALTENG – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pulang Pisau menggelar sosialisasi Pengembangan Pengawasan Pemilu Organisasi Masyarakat Sipil (OMS) dan Media Massa menjelang Pilkada tahun 2020 di aula Bappedalitbang setempat, Selasa (29/09) pagi.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh sejumlah wartawan, organisasi kemasyarakatan, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda di Kabupaten Pulang Pisau dengan menghadirkan narasumber Kepala Dinas Kesehatan Pulang Pisau, dr. Mulyanto Budihardjo, Kepala Dinas Kominfo Pulang Pisau, Moh. Insyafi serta moderator dari Bawaslu Pulang Pisau, Febri Saputra.

Dalam arahannya, Ketua Bawaslu Pulang Pisau, Ubeng Itun mengatakan bahwa sosialisasi ini bertujuan untuk mengawal jalannya semua tahapan Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng tahun 2020 berjalan sesuai aturan.

“Selain itu juga dapat mengawas kepatuhan masyarakat terhadap pendisiplinan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 agar tercipta Pemilu yang aman dan damai,” ujarnya.

Ubeng menuturkan, kegiatan juga bertujuan untuk menyamakan persepsi dan pandangan masyarakat terhadap pentingnya pengawasan Pemilu, apalagi situasi saat ini masih dalam pandemi Covid-19.

“Setiap tahapan Pilgub Kalteng 9 Desember 2020 harus diawasi dengan baik. Kehadiran para peserta diharapkan, turut ambil bagian dalam mengawasi pesta demokrasi tersebut,” harapnya.

Keterlibatan masyarakat dan media massa dalam pengawasan tersebut, tentu membantu tugas dan kinerja Bawaslu. Selain itu, Ubeng juga menghimbau kepada warga masyarakat untuk tidak mudah terprovokasi dengan adanya isu-isu atau berita yang belum tentu kebenarannya.

“Gunakan Medsos dengan bijak, Saring dulu, baru Sharing. Karena kita berharap Pilgub tahun 2020 bisa berjalan aman dan lancar, serta dapat menghasilkan pemimpin yang sesuai dengan pilihan mayoritas masyarakat,” pungkasnya. KABAR TODAY.COM