Becak Anti Covid-19, Inovasi Sat Lantas Polres Pulang Pisau

SUYANTO | PULANG PISAU | KALTENG – Upaya untuk menekan penyebaran virus corona disease 2019 ( Covid-19) terus dilakukan oleh semua pihak. Tak terkecuali dari jajaran Sat Lantas Polres Pulang Pisau, Polda Kalimantan Tengah (Kalteng).

Kali ini, Sat Lantas Polres Pulang Pisau membuat sebuah inovasi atau terobosan yang dinamakan “BARIGAS”, yakni dengan memodifikasi alat transportasi berjenis becak yang dilengkapi komponen Protokol Kesehatan (Prokes).

“BARIGAS ini kepanjangan dari Becak Anti Covid, Keluarga Sehat,” ujar Kapolres Pulang Pisau, AKBP. Yuniar Ariefianto SH.,S.I.K.,M.H melalui Kasat Lantas Polres Pulang Pisau, AKP. M. Syafuan Nor kepada media ini, Jum’at (05/02).

Dia menjelaskan, yang disebut komponen Prokes pada setiap BARIGAS tersebut yakni, Masker, Hand Sanitizer, Tisu dan Cairan Desinfektan.

“Inovasi ini bertujuan untuk memberdayakan masyarakat dalam memberikan edukasi Prokes secara langsung kepada masyarakat,” jelasnya.

Yang kedua, lanjut ia, menjadikan kebiasaan masyarakat untuk selalu mematuhi peraturan kesehatan dengan memakai masker dan sering mencuci tangan. Dan yang ketiga memberikan efek positif dalam membangun kepercayaan masyarakat kepada Polri khususnya jajaran Polres Pulang Pisau.

“Sebelumnya, terlebih dahulu kami memberikan latihan dalam pelayanan kepada pemilik becak, sehingga dalam pelaksanaannya nanti, benar-benar dapat menekan angka Covid-19 di wilayah Kabupaten Pulang Pisau,” jelas Syafuan.

Dirinya menegaskan, yang paling utama adanya BARIGAS tersebut dapat mengedukasi masyarakat secara masif, meskipun tidak ada petugas di lapangan.

“Mudah-mudahan dengan inovasi ini memberikan manfaat untuk kita semua, sehingga penyebaran Covid-19 bisa kita tekan semaksimal mungkin,” tandasnya. KABAR TODAY.COM