BBPOM dan Dinkes Pulang Pisau Cek Kualitas Pangan di Pasar Patanak

SUYANTO | PULANG PISAU | KALTENG – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pulang Pisau dan Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Palangkaraya melakukan pengecekan kualitas pangan. Mereka melakukan pengecekan kepada sejumlah toko sembako dan penjual makanan (jajanan takjil) yang berada di pasar Patanak dan sekitarnya.

“Kegiatan bersama Dinkes Pulang Pisau dan BPOM untuk test sampling di pasar terkait kualitas pangan yang beredar di bulan Ramadhan ini,” kata Wahyuri,S.Si.Apt.M.Farm selaku
Sub Koordinator Inspeksi Fungsi Pemeriksaan BBPOM, Rabu (21/04).

Wahyuri yang saat itu juga didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pulang Pisau, dr. Mulyanto Budihardjo, yang diwakili Kasi Kefarmasian dan Alkes, Lambang Suncoko, S.Far, Apt mengatakan, sample yang diambil oleh petugas selanjutnya akan dilakukan pengujian.

“Semua sampel akan kita uji di mobil laboratorium yang kami bawa untuk mengetahui aman apa tidaknya saat dikonsumsi,” tambahnya.

Apabila nanti, lanjutnya, disarana distribusi pangan ada ditemukan ada produk yang kadaluwarsa, rusak, tidak halal dan kemasan tanpa ijin edar, maka pihaknya bersama pemilik usaha penyisihan dan pemilahan dengan produk-produk yang masih layak konsumsi atau jual.

“Kita akan bantu para penjual yang sudah tidak layak untuk dikembalikan kepada distributor kalau masih bisa dikembalikan. Untuk yang sudah rusak akan kita musnahkan,” terang Wahyuri.

Pada kesempatan itu, dirinya mengajak seluruh lapisan masyarakat baik itu pemilik usaha maupun para pelaku usaha jajanan takjil dan masyarakat secara umum, agar memperhatikan keamanan, kebersihan serta kehigienisan pangan selama bulan Ramadhan ini.

“Sehingga dalam menjalankan ibadah puasa ini kita semua tetap sehat dan terlindungi,” tutupnya. KABAR TODAY.COM