Banjir Masih Merendam Desa Gandang Barat, Kades Harapkan Perhatian Bupati Pulpis

SUYANTO | PULANG PISAU | KALTENG –
Sebanyak 350 Kepala Keluarga (KK) warga Desa Gandang Barat, Kecamatan Maliku, Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) hingga saat ini masih terdampak banjir yang merendam rumah, sawah dan kebun milik mereka.

“Ketinggian air mencapai 60 cm, dan merendam sebanyak 355 Hektar areal perkebunan, 85 hektar sawah serta membuat puluhan ekor ternak sapi warga diungsikan,” kata Kepala Desa Gandang Barat, Haryono.

Selain itu, lanjut Haryono, bencana banjir juga merendam beberapa tempat sarana Pendidikan seperti PAUD, TK dan SD serta beberapa sarana Umum yakni Masjid, Lapangan Sepak Bola, Lapangan Volly dan juga jalan sepanjang 3200 meter.

“Penyebab banjir ini karena saluran Primer yang dangkal juga sempit, dan air ini kiriman dari PT.SCP yang tumpah ke Desa Gandang Barat,” ujar Haryono saat dihubungi Kabar Today.com melalui pesan Whatsapp-nya, Senin (02/03).

Dia juga mengakui bahwa selama ini pihaknya telah dibantu oleh Pemerintah Daerah Pulpis melalui BPBD Pulpis, namun masih belum maksimal.

“Musibah banjir ini sudah terjadi selama beberapa hari yang lalu, akibatnya aktivitas warga masyarakat menjadi terganggu. Oleh sebab itu kami berharap perhatian dari Bapak Bupati Pulpis melalui Dinas terkait untuk mengatasi banjir di Desa ini,” harapnya. KABAR TODAY.COM