Banjir Buol, Enam Desa Terendam

BUOL  – Hujan lebat yang mengguyur sejumlah wilayah di Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah, dua hari terakhir mengakibatkan enam desa di Kecamatan Momunu mulai terendam banjir. Ketinggian air diperkirakan mencapai 60 centimeter hingga ketinggian satu meter, Selasa (26/3/2019).

Keenam Desa tersebut, adalah Desa Mangubi, Desa Panimbul, Desa Pinamula, Desa Taluan, Desa Potugu, dan Desa Lamadong.

Informasi dari berbagai sumber yang berhasil dihimpun utarapost.co.id, menyebutkan ketinggian air yang diperkirakan sudah mencapai satu meter itu telah merendam akses jalan desa, seperti di Desa Lamadong dan Desa Panimbul. Bahkan air juga telah masuk ke dalam rumah warga dengan ketinggian berkisar 30-40 cm.

Kondisi serupa juga terjadi di Desa Pinamula dan Desa Taluan serta Desa Potugu dengan ketinggian air dalam rumah warga mencapai 50-60 cm.

Kendati demikian, belum ada laporan warga yang mengungsi. Namun kewaspadaan warga di sejumlah desa yang mulai terendam banjir tersebut warga mulai waspada.

Untuk diketahui, hujan deras yang mengguyur kota Buol dan sekitar telah berlangsung dua hari terakhir. Hujan turun disertai angin kencang berlangsung pada malam hingga dini hari. Saat ini hujan juga masih terus mengguyur dengan intensitas cukup lebat.

Sementara, informasi Humas Polres Buol, menyebutkan Polres beserta Polsek Momunu menerjunkan 30 personil untuk saat membantu mengevakuasi warga.

Sementara itu, berdasarkan rilis yang diterima redaksi utarapost.co.id, dari Sekcam Momunu, Mohsen AR Timumun, menyebutkan bahwa kondisi ketinggian air saat telah mencapai empat meter. Banjir merupakan kiriman dari Kecamatan Tiloan.

Adapun Desa yang terdampak paling parah adalah Desa Potugu, Desa Tongon, Desa Taluan dan Desa Pujimulyo.

“Jumlah korban 11 orang, dapat diselamatkan 1 orang dilarikan ke Puskesmas Momuno 10 orang di evakuasi ke kantor desa Potugu,”tulis Sekcam dalam rilisnya. UTARA POST