Babinsa Serda Endri Ajak Masyarakat Bersihkan Saluran irigasi

Tolitoli, Sulteng | Kabartoday.com – Saluran irigasi merupakan salah satu sarana penting buat para petani sawah dalam meningkatkan swasembada pangan dan pertumbuhan ekonomi para petani.

Salah satu saluran irigasi menuju areal Persawahan di Desa Lais Kec. Dondo yang terlihat sangat memprihatinkan selama ini, seolah tak pernah tersentuh oleh tangan-tangan petani sawah.

Melihat hal itu semua, Babinsa Koramil 1305-04/Dondo Serda Endri Susanto turun tangan langsung memimpin masyarskat desa lais untuk membersihkan saluran irigasi yang sudah dipenuhi semak belukar.

“Sarana irigasi yang sudah ada namun seolah-olah tidak ada perhatian masyarakat untuk membersihkan sehingga saya merasa terpanggil untuk mebersihkan bersama masyarakat, Ungkap Ujar Serda Endri Susanto

Sementara itu Pjs Danramil 1305-04/Dondo Peltu Irwan yang di temui media kabartoday.com mengatakan untuk menciptakan swasembada pangan (gabah) yang melimpah harus memperhatikan beberapa faktor salah satunya irigasi.

“Saluran irigasi harus dijaga dengan baik, karna kebutuhan utama persawahan hari ini adalah irigasi, karna tampa irigasi persawahan kita tidak akan bisa teraliri air,” Ungkap Peltu Irwan

Sementara itu, Peltu Irwan juga nemambahkan meningkatkan swasembada pangan merupakan perintah langsung dari komando atas dan harus di ikuti sampai tingkat bawah sehingga perekonomian masyarakat bisa. Lebih meningkat.

“Ditengah pandemi covid-19 Yang terus berkembang beberapa bulan ini dan PPKM juga di perpanjang, membuat masyarakat sulit mencari pendapatan yang lebih untuk menghidupi keluarga, maka dari itu, apa yang dilakukan Babinsa dilapangan “Membersihkan saluran Irigasi” paling tidak saat waktu bercocok tanam tiba, sawah milik warga bisa teraliri air, dan. Lahan lahan tidur bisa dimanfaatkan kembali, sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, ditengah pandemi,” Pungkasnya