Babinsa Koramil 1305-04/Dondo Berikan Pelatihan PBB kepada Bankamdes

Tolitoli, Sulteng | Kabartoday.com – Untuk mencegah berbagai beragam persoalan yang ada di tengah masyarakat pedesaan, khususnya masalah gangguan keamanan dan ketertiban, peran dan fungsi Bankamdes desa menjadi begitu penting. Bankamdes memiliki peranan yang strategis dalam menjaga keamanan dan ketertiban di desa.

Oleh karena itu untuk melaksanakan tugas dan fungsi sebagai anggota Bankamdes diperlukan pembinaan ataupun pelatihan setiap anggota Bankamdes Desa agar Bankamdes punya bekal diri dan strategi yang mumpuni dalam menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan desa.

Merespon persoalan tersebut, Babinsa Ogowele Buga Koptu Abd. Jalil yang diberikan kepercayaan untuk memberikan materi sekaligus memberikan pelatihan PBB kepada Bankamdes Ogowele Buga yang didampingi Babinkamtibmas.

Kegiatan di laksanakan di lapangan Ogowele bunga Kecamatan Dondo Kabupaten Tolitoli, Selasa (28/09/2021). Dan Peserta pembinaan adalah para anggota Bankamdes desa Ogowele Bunga.

Babinsa Koptu Abd. Jalil mengatakan, pembinaan ini bertujuan guna memaksimalkan peran Bankamdes serta memberikan pemahaman akan tugas-tugas yang di emban para Bankamdes dalam menjaga keamanan di lingkungannya.

“Saya berharap anggota Bankamdes selalu waspada terhadap situasi lingkungan dimana mereka bertugas sekaligus tetap bersemangat, dan menjaga solidaritas, dan bangga dalam menjalankan tugas sebagai seorang anggota Bankamdes.” Harap ya

“Pembinaan Bankamdes merupakan salah satu kegiatan pembinaan dimana Babinsa memiliki tugas menjalin kemitraan dengan para anggota Bankamdes sebagai upaya mata dan telinga terhadap segala perkembangan yang terjadi di wilayah binaannya,” jelas Koptu Abd. Jalil.

Pada kegiatan tersebut Koptu Abd. Jalil Bhabinkamtibmas, selain memberikan pengetahuan wawasan kebangsaan dan Bela Negara, juga di ajarkan metode praktek langsung berupa gerakan Peraturan Baris Berbaris ( PBB) terdiri dari lencang kanan, hadap kanan/kiri, balik kanan, penghormatan dan sikap istirahat serta gerakan berjalan atau berpindah tempat.

Sementara itu, Pjs. Danramil 1305-04/Dondo Peltu Irwan. Mengatakan kepercayaan yang di berikan dalam memberikan materi sekaligus pelatihan PBB kepada Bankamdes Ogowele Buga yang didampingi Babinkamtibmas adalah suatu kehormatan bagi anggota Babinsa.

“Apa yang di lakukan Babinsa di lapangan untuk membangun sinergitas TNI Polri yang solid, salah satunya dengan memberikan pelatihan PBB terhadap Bankamdes, sebab materi ini sangat penting bagi seorang aparat Bankamdes didesa.dalam menjaga keamanan,” Pungkasnya. ***