Babinsa Koramil 1305-03/Damput Bantu Bersihkan Material Longsor

Tolitoli, Sulteng | Kabartoday.com – Babinsa Koramil 1305-03/Dampal Utara Desa Pulau Simatang Koptu Iswadi, Jumat pagi (03/09/2021), bersama warga membersihkan material tanah longsor dan pohon tumbang yang menghubungkan dua desa dipulau tersebut.

“Longsor terjadi akibat hujan deras yang menguyur wilayah Kabupaten Tolitoli kecamatan Dampal Utara desa Simatang Utara yang menghubungkan desa simatang Tanjung dan desa simatang Utara,” Ungkap Koptu Iswadi

Sementara itu Danramil 1305-03/Dampal Utara Letda Inf Samsul menyebutkan, cuaca dalam beberapa hari terakhir memang kurang bersahabat. Hal ini mengakibatkan adanya tanah longsor hingga pohon tumbang di desa Simatang Utara dusun Sabang, hingga menutup akses jalan menuju desa simatang Tanjung.

“Awalnya babinsa kami mendapatkan laporan dari warga setempat kemudian langsung menuju lokasi kejadian. Setelah sampai terlihat material tanah longsor dan pohon tumbang menutupi badan jalan, kemudian kami bersama aparat terkait dan dibantu warga sekitar memotong pohon tumbang dan membersihkan material longsor secara manual yang menghalangi badan jalan sehingga kendaraan roda dua yang ingin melintas kedesa tetangga sempat terhambat,” kata Danramil 1305-03/Dampal Utara Letda Inf Samsul

Masih menurut Danramil 1305-03/Dampal Utara Letda Inf Samsul dalam beberapa pekan terakhir ini wilayah Kabupaten Tolitoli khususnya di kecamatan Dampal Utara sedang dalam musim hujan dan geografinya agak labil diharapkan kepada masyarakat yang ada di sekitar pulau harus ekstra hati-hati.

“Kami mengimbau kepada masyarakat Desa Simatang Utara dan Simatang Tanjung agar tetap waspada pada saat musim hujan. Lebih baik jangan banyak keluar rumah, karena keselamatan lebih penting dari segalanya”, terangnya.

Sementara itu, kepala desa Simatang Utara menyampaikan, ucapan terimakasih kepada anggota Koramil 1305-03/Dampal Utara dan pihak terkait lainnya yang telah membantu membersihkan pohon tumbang dan material tanah longsor yang menimbun badan jalan sehingga aktivitas jalan bisa kembali normal.

“Alhamdulillah syukur, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tanah longsor ini, berkat kerja keras Babinsa bersama warga Dusun Sabang yang telah mau berjibaku membersihkan material. Longsor sehingga jalan tersebut kembali normal dapat dilewati oleh pengguna jalan”, pungkasnya Kades Simatang Utara. ***