Babinsa Kodim 1305/BT Dampingi Pelayanan KB Serentak di Hari Kontrasepsi dan Vasektomi Sedunia

Kodim 1305/BT, Sulteng l Kabartoday.com – Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kabupaten Buol Tolitoli Hari ini serentak menggelar Bakti Sosial Pelayanan KB di seluruh puskesmas yang ada di wilayah Teritorial Kodim 1305/BT, Senin (1/11/2021). Pelayanan ini disaksikan langsung oleh Tim Penggerak PKK yang ada di dua kabupaten dan
didampingi oleh Satuan dari TNI AD Kodim 1305/BT.

Kepala RUMKITBAN 13.08.03 Toli-Toli Plh. Kepala Rumkitban Peltu I Nyoman Budiarta, A.Md. Kep yang dikonfirmasi media ini menjelaskan kegiatan Bakti Sosial pelayanan KB gratis tersebut merupakan program dari dinas BKKBN kabupaten Buol dan dinas BKKBN Tolitoli, provinsi Sulawesi Tengah.

“Saya juga berterima kasih kepada para Babinsa Kodim 1305/BT yang ada di wilayah Teritorial yang sudah mau mendampingi baksos ini, serta mendampingi dan melayani akseptor yang mengikuti program KB yang dilakukan dinas BKKBN Buol dan dinas BKKBN Tolitoli, dengan metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP) yakni IUD dan Implan dengan sasaran ratusan Akseptor KB MKJP di dua kabupaten.

“Setiap puskesmas yang ada di kabupaten Buol dan Tolitoli diberikan target pelayanan KB MKJP IUD dan implan, namun jika lebih dari target jumlah sasaran yang kita tentukan maka itu akan lebih bagus. Jadi kami berharap kepada masyarakat untuk memanfaatkan momen pelayanan KB gratis ini untuk ber-KB,” ujar Plh. Kepala Rumkitban Peltu I Nyoman Budiarta, A.Md. Kep.

Peltu I Nyoman Budiarta, A.Md. Kep, mengaku senang melihat antusiasme masyarkat dalam hal ini, ibu-ibu dari dua Kabupaten yang datang mengikuti pelayanan KB bergerak tersebut begitu sangat luar biasa. Itu menunjukkan, semakin banyak masyarakat ingin mengikuti program keluarga berencana.

“Mereka tampak sangat semangat datang ikut program KB. Tentu ini suatu yang luar biasa. Masyarakat hari ini semakin sadar untuk ikut program KB, apalagi hari ini serentak dilakukan dalam rangka menyambut Hari Kontrasepsi dan Vasektomi sedunia dan Memeriahkan HUT Sumpah pemuda serta menyongsong HUT Pahlawan Nasional tahun 2021 yang diselenggarakan Oleh BKKBN Kabupaten Buol – Tolitoli,” ungkap Peltu I Nyoman Budiarta, A.Md. Kep

Peltu I Nyoman Budiarta, A.Md. Kep mengatakan, salah satu momentum ini bisa menggugah kesadaran masyarakat lewat peran TNI AD Babinsa Desa Paleleh kopda Jusman dalam mensosialisasikan tentang pentingnya kehamilan yang direncanakan, dan meningkatkan kesadaran penggunaan kontrasepsi serta menggiatkan edukasi seksualitas dan reproduksi.

Ia juga berharap, Apa yang dilakukan oleh Babinsa Sertu R Pastilah Babinsa Koramil 1305-01/Baolan yang terus berkomitmen dan dukungan dari para mitra dalam pelaksanaan Program Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) melalui pendampingan kepada penggunaan kontrasepsi pada Pasangan Usia Subur (PUS), dalam rangka menunda, mengatur jarak, dan mengakhiri kehamilan. Seterusnya dengan terselenggaranya kegiatan Baksos pelayanan KB itu semakin banyak masyarakat yang mengikuti program keluarga berencana.

”Kesuksesan program KB ditentukan oleh kesertaan masyarakat, peningkatan jumlah peserta KB baru, dan keberlanjutan peserta KB Aktif. Untuk itu, diperlukan dukungan dari stakeholder, provider medis, mitra kerja, organisasi profesi, dan lainnya dalam pelayanan KB di kabupaten Tolitoli,” ujar Peltu I Nyoman Budiarta, A.Md. Kep.

Peltu I Nyoman Budiarta, A.Md. Kep., menambahkan, karena kegiatan pelayanan KB bergerak tersebut dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19, panitia dan masyarakat wajib mematuhi protokol kesehatan yakni memakai masker, cuci tangan, dan jaga jarak. Bahkan, setiap akseptor yang datang untuk memasang dan membongkar alat kontrasepsi wajib cek suhu tubuh. ***