Babinsa Desa Dongko Bersihkan Saluran Utama Irigasi

Tolitoli, Sulteng | Kabartoday.com – Babinsa Koramil 1305-10/Dampal Selatan Sertu Asmawan melaksanakan pembersihan saluran utama irigasi bersama masyarakat dalam memasuki masa tanam di Desa Dongko Kecamatan Damsel Kabupaten Tolitoli, Minggu (31/10/2021).

Kegiatan ini digelar dalam rangka lebih memantapkan keseriusan TNI dalam mendukung ketahanan pangan di wilayah Kabupaten Tolitoli Kecamatan Dampal Selatan, Karya Bhakti ini juga dilaksanakan bersama kelompok tani Desa Dongko.

Di sela-sela kerja bakti itu, Sertu Asmawan menyampaikan bahwa gagasan pelaksanaan pembersihan utama irigasi ini berawal dari keprihatinannya melihat saluran irigasi Kecamatan Dampal selatan yang banyak di penuhi rumput, dan batang kayu, sehingga nantinya sangat mengganggu aliran air dalam irigasi itu, padahal aliran irigasi ini sangat dibutuhkan oleh petani untuk mengairi sawah – sawahnya.

Selain itu, Sertu Asmawan juga mengatakan bahwa kegiatan karya bakti pembersihan saluran irigasi ini dilakukan agar lingkungan di saluran irigasi menjadi bersih, saluran air yang banyak di penuhi sampah dan akar kayu menjadi bersih dan lancar, menghindarkan wilayah ini ketika musim penghujan dari meluapnya air di irigasi ke persawahan sehingga bisa berdampak pada hasil pertanian masyarakat.

“Kegiatan ini kami laksanakan atas kerjasama dengan pemerintah desa Dongko dan kami juga mengundang seluruh aparat desa dan masyarakat untuk melaksanakan bersih-bersih. Pembersihan ini bertujuan untuk memperlancar aliran air yang menuju ke sawah-sawah para petani,” ungkapnya.

Dengan adanya kerja bakti ini, ia berharap setelah saluran irigasi lancar maka hasil pertanian dapat meningkat untuk menuju kabupaten Tolitoli yang berswasembada pangan.

Sementara itu, Danramil 1305-10/Dampal Selatan Kapten Inf Semuel Tupu yang di temui media ini mengatakan pembersihan saluran irigasi merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan produksi pertanian dalam menunjang program ketahanan pangan di wilayah Kabupaten Tolitoli.

“Mudah-mudahan setelah dilakukan pembersihan di irigasi Utama oleh Babinsa bersama masyarakat, air dapat mengaliri areal sawah dengan baik karena irigasi pertanian sudah dibersihkan secara bersama-sama dan tidak ada lagi gangguan irigasi dalam pemenuhan kebutuhan air di sawah para petani,” kata Danramil

Lanjut Danramil, petani saat ini sudah sangat berpengalaman dalam mengolah lahan pertanian, namun dengan pendampingan para anggota TNI diharapkan dapat membantu perawatan pemeliharaan tanaman padi menjadi lebih baik dan meningkatkan hasil panen.

“Misi pendampingan ini intinya mengajak petani untuk melakukan pengolahan lahan, perawatan tanaman, dan perawatan teknis pengairan, agar hasil produksi padi semakin meningkat,” tuturnya.

“Dengan berbagai langkah tersebut, lanjut dia, pihak TNI berharap dapat meningkatkan hasil panen para petani, sehingga dapat menunjang program swasembada pangan secara nasional,” pungkas Kapten Inf Semuel Tupu ***