Asri Alie Audiance Bersama Wakil Bupati Tolitoli Terkait Gedung Terminal Baru

Tolitoli, Sulteng | Kabartoday.com – Dalam meningkatkan pelayanan operasional penerbangan di Bandar Udara (Bandara) Sultan Bantilan Tolitoli, Gedung terminal baru akan dibangun pada tahun 2021/2022.

Kepala Bandara Asri Alie kepada media ini mengatakan Bangun gedung terminal baru ini nantinya akan dipenuhi persyaratan runway strip dan runway end safety area (RESA) pada Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Kelas III Sultan Bantilan Tolitoli.

“Terkait dengan rencana, Kami UPBU Kelas III Sultan Bantilan Tolitoli akan melakukan pembongkaran gedung terminal penumpang eksisting dan akan menggunakan gedung VIP Pemda Kabupaten Tolitoli, serta bangunan lainnya untuk layanan operasional penerbangan selama dalam tahap pekerjaan,” Ungkap Asri

Ditempat yang sama, Wakil Bupati Tolitoli Moh. Besar Bantilan juga ikut dalam peninjauan di Bandara Sultan Bantilan, “Beliau (Wakil Bupati-Red,) melihat langsung kondisi bangunan dilapangan sebelum dilakukan pembongkaran,” Kata kepala UPBU Tolitoli.

Pada saat audiance, Wakil Bupati Moh Besar Bantilan juga menyampaikan akses terbesar untuk percepatan pertumbuhan ekonomi adalah pelabuhan dan bandara, di mana Bandara Sultan Bantilan telah menjadi jembatan udara antar Kabupaten Tolitoli dengan Ibukota Provinsi Sulawesi Tengah.

“Pembangunan Bandara Sultan Bantilan merupakan suatu bentuk respon atas kebutuhan masyarakat Kabupaten Tolitoli dimana sarana dan prasarana fasilitas umum yang salah satunya adalah terminal penumpang merupakan wujud komitmen Pemda Kabupaten Tolitoli dalam memenuhi serta mendukung pengembangan dan peningkatan layanan operasional penerbangan guna membuka akses jalur keluar masuknya masyarakat dari dan ke Tolitoli,” kata Wakil Bupati saat audiance

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Sekretaris Daerah Kabupaten Tolitoli Moh. Asrul Bantilan, S.Sos yang turut mendampingi Wakil Bupati juga menyampaikan, bahwa pembangunan Bandara ini memerlukan waktu panjang karena di sekitar Bandara terdapat persawahan masyarakat.

“Untuk itu saya berharap agar pembebasan lahan untuk pengembangan runway strip tidak menemui hambatan apapun sehingga diperlukan dukungan dari masyarakat setempat khususnya pemilik lahan persawahan,” Ungkap Sekda ***