Kantor Camat Mirip Rumah Hantu Gara-Gara Pegawainya ‘Hobi’ Mangkir

Erwin | KabarToday.com | Tolitoli – Sejak dilantik jadi pejabat Camat di Lampasio, Kabupaten ToliToli, Sudirman, bersama anak buahnya punya ‘hobi’ baru yaitu Mangkir dan bolos, alhasil pelayanan kepada masyarakat jadi ‘lumpuh’ dan suasana kantor sepi bagaikan rumah hantu.

Dampaknya pelayanan publik terhadap masyarakatdiwilayah itu tentu tidak berjalansesuai dengan harapan. Sorotan tajampun mulai muncul ditengahmasyarakat Lampasio, Kantor Camat yang seharusnya buka dalam seminggu 5 hari kerja justruterlihat sepi. Pada jam kantorbeberapa orang Aparat Sipil Negara (ASN) hanya duduk nongkrong bermalas-malasan sambil memainkan telepon selulernya saja, kata dari salah seorang masyarakat yang kesal melihat kelakuan para pegawai dan staf Kantor Camat Lampasio itu.

Ironisnya, lanjut sumber menyoroti kelakuan malas Camat Sudirman dan bawahannyaitu. “Selain malas masuk kantor, juga tidak punya kemampuan sebagai pemimpin yang menjadi panutan bagi bawahannya.Merekaitukan ASN yang terlatih dan terdidik serta merupakan abdi Negara yangbertugas melayani masyarakat bukan hanya tahu terima gaji dan tunjangantiap bulan tapimalas kinerja nol dan lalai terhadap kewajibannya.”

Bayangkan sajaaktifitas dikantor Camat Lampasio dalam seminggupara pegawai hanya datang ke kantor 2 atau 3hari sajaitupunlebih banyak “kongkow-kongkow”sesama ASN ketimbangbekerja. Jadipara abdi Negara tersebutlagi dimana dan apa yang mereka lakukan diluarbila tidak masuk kantor. Apakah mereka nyambiatau hanya tidur dirumahnyamasing-masing, itu kita tidak mengerti,” Ujar sumber dengan nada tanya.

Celakanya lagi, kata sumber,selain loyo dalam melaksanakan tugas-tugas kantor yang menjadi kewajiban dan tanģgungjawabnya sebagai pegawai,datangnya pun telat alias kesiangan dan pada jamistirahatdiwaktu makan siang sebagian ada yang tidak lagibalik kekantoralias membolos.

Sehingga urusan apel pagi dan sore dapat dipastikan sudah jarang dilakukan, karena yang bertugas pada apel pagi dan sore hari sudah tidak ada orangnya. “Saya sangat menyayangkan jika kewajibannya sebagai pegawai diabaikan tapi giliran masalah haknya menuntut untuk harus dipenuhi,” Ujar sumber menilai kelakuan tidak disiplin para oknum ASN dikantor Camat tersebut.

Secara terpisah Karim, KepalaKepegawaindi KecamatanLampasio, mengakui bahwa ada beberapa Aparatur SipilNegara (ASN) yang tergolong nakal dan doyan bermalas-malasan serta sering membolos,namanya sudah dicatat terdapat lima orang pegawai malas dan sudah di beri peringatanoleh pak camat.***

Editor : darwis Ali Damang