Antisipasi Karhutla, Polsek Kahayan Hilir Pasang Spanduk Himbauan

SUYANTO | PULANG PISAU | KALTENG – Guna mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Jajaran Personil Polsek Kahayan Hilir, Polres Pulang Pisau melakukan pemasangan spanduk himbauan Karhutla dibeberapa titik di wilayah hukum Polsek setempat, Rabu (07/04) pagi.

Kapolres Pulang Pisau. AKBP. Yuniar Ariefianto SH.,S.I.K.,M.H melalui Kapolsek Kahayan Hilir, IPDA. Abi Wahyu Prasetyo, S.Tr.K mengatakan bahwa pemasangan spanduk di pasang dibeberapa titik rawan Karhutla di Kecamatan Kahayan Hilir, yakni di Desa Mantaren II dan Desa Mintin.

“Jumlah spanduk yang di pasang untuk tahap pertama ini berjumlah 7 buah, lokasi pemasangan diwilayah yang dianggap rawan Karhutla,” ujarnya.

Abi sapaan akrabnya menjelaskan, tujuan pemasangan spandung himbauan Karhutla sebagai upaya pencegahan dini yang dilakukan oleh Polsek Kahayan Hilir, dalam memberikan imbauan dan mengedukasi masyarakat tentang bahaya Karhutla. Baik itu bagi kesehatan serta kerugian yang ditimbulkan. Apalagi kita akan memasuki Musim Kemarau.

Pria yang baru 2 (dua) minggu menjabat Kapolsek Kahayan Hilir tersebut, mengatakan selain Kegiatan Pemasangan Spanduk Karhutla, ini pihaknya juga melakukan upaya sosialisasi dan edukasi tentang bahaya Karhutla kepada masyarakat di Kelurahan maupun Desa yang ada di Kecamatan Kahayan Hilir.

“Kita wajib berkomitmen dan saling bekerja sama dengan Pemerintah Desa untuk bersama-sama melakukan penyuluhan dan sosialisasi terkait permasalahan Karhutla. Sehingga Karhutla benar-benar bisa kita antisipasi,” pinta Abi.

Dirinya berharap dengan adanya pemasangan Spanduk dan Soialisasi, penyuluhan tentang Karhutla sejak dini yang dilakukan oleh Polsek Kahayan Hilir, nantinya akan dapat merubah pola pikir masyarakat terhadap dampak buruk yang diakibatkan oleh karhutla.

“Apalagi, sebelumnya kita sudah beberapa kali mengalami langsung dampak kabut asap akibat Karhutla yang akibatnya sangat buruk. Semoga ditahun ini tidak ada kasus Karhutla,” tandasnya. KABAR TODAY.COM