Antisipasi Dampak Covid-19, Lanal Tolitoli Mulai Lakukan Cocok Tanam

ERWIN | TOLITOLI — Gerakan ketahanan pangan mulai dilakukan oleh sejumlah instansi pemerintah di beberapa daerah, termasuk TNI AL berkerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Holtikultura, dan Dinas PUPR guna antisipasi dini dari dampak covid-19, apabila virus global tersebut masih menyebar dalam jangka waktu yang cukup lama.

Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Tolitoli yang berada dibawah komando Lantamal VIII Manado adalah salah satu instansi TNI AL yang juga hari ini (18/4) memulai gerakan membuka lahan tidur dengan luasan Dua (2) Hektar, yang ada perumahan dinas TNI Angkatan Laut, yang terletak dikelurahan Tweley, kecamatan Baolan Kabupaten Tolitoli.

Dengan memanfaatkan lahan tidur yang cukup luas di RUMDIS TNI AL, Danlanal Tolitoli Letkol Laut (P) Bayu Dwi Wicaksono ST. MM, mengajak prajuritnya untuk menanam beberapa macam tanaman pangan seperti Jagung, Cabe, Tomat, Dll, dan Bahkan dirinya akan membuka lahan budidaya ikan di desa binaan yang terletak di kecamatan Galang desa Ginunggung.

“ Kegiatan yang bersifat produktif ini adalah anjuran dari Pimpinan TNI AL, sebagai upaya antisipasi dini jika wabah covid-19 berlangsung jangka waktu uang cukup lama, Namun selain itu juga memberi efek lain bagi Lanal Tolitoli, yakni lahan tidur yang tadinya tidak tersentuh, sekarang akan memiliki nilai produktif dengan adanya gerakan ketahanan pangan,“ terang Danlanal Tolitoli Letkol Laut (P) Bayu Dwi Wicaksono ST. MM, di Rumdis AL.

Meski demikian, Bayu selaku komandan AL bersama prajuritnya tetap memperhatikan dan melaksanakan protokol kesehatan seperti yang ditetapkan oleh pemerintah untuk mencegah penularan covid-19. Diantaranya penggunaan APD sederhana yakni masker, menjaga jarak fisik satu sama lainnya (Physical Distancing), dan mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir setelah melaksanakan kegiatan.

Dilokasi Rumdis TNI AL, kepala dinas Tanaman pangan dan Holtikultura Rustan Rewa, saat ditemui dilapangan mengucapkan terima kasih kepada Danlanal Tolitoli dan seluruh prajurit yang sudah mau membantu pemerintah daerah untuk mengantisipasi kelangkaan kebutuhan pokok jika terjadi pandemi Covid 19 yang berkepanjangan.

“Apresiasi yang besar saya berikan kepada Danlanal Tolitoli, yang sudah mau membantu pemerintah daerah, dan sudah mau berkerjasama membuka lahan Tidur wilayah Rumdis TNI AL, untuk mengantisipasi kelangkaan kebutuhan pokok nantinya,” Pungkas rustan Rewa

Selanjut kadis PUPR Tolitoli Ir. Fadja Suko Syuhadha, MT, ditempat yang sama mengatakan peran penting yang dilakukan TNI AL untuk membantu masyarakat dalam mengantisipasi kelangkaan bahan pokok patut di apresiasi dan perlu diberikan dukungan buat TNI AL.

“Dinas PUPR Tolitoli siap membantu TNI AL dalam segala hal, dan saat ini kami telah menyiapkan bantuan alat Ekskafator untuk membuka lahan tidur yang akan disiapkan untuk penanaman kebutuhan bahan pokok, untuk antisipasi Pandemi Covid 19 yang sampai saat ini belum ada tanda tanda untuk berakhir,” Pungkasnya

Pembukaan lahan Tidur dan penanaman bibit turut dihadiri Letkol Laut (P) Bayu Dwi Wicaksono ST. MM, di Rumdis AL, Pasintel Lanal Tolitoli kapten Laut (P) M. Pohan, kepala dinas Tanaman Pangan dan Holtikoltura Rustan Rewa, Kepala dinas PUPR Ir. Fadja Suko Syuhadha, MT, Lurah Tweley, Moh. Syahmin Sstp, Ketua RT, dan puluhan Anggota TNI AL. KABARTODAY.com