Anggota Polsek Maliku Dampingi Mahasiswa Unpar Tinjau Pilar Ketahanan Pangan

SUYANTO | PULANG PISAU | KALTENG – Bhabinkamtibmas Desa Tahai Baru, Babinsa serta Aparat Desa mendampingi Mahasiswa KKN Universitas Palangka Raya (Unpar) melaksanakan kegiatan lapangan dengan mengunjungi pilar ketahanan pangan berupa ternak kambing, kolam ikan dan pertanian padi yang berada di Desa Tahai Baru, Kecamatan Maliku, Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis), Sabtu (15/08).

Kegiatan itu mengangkat Tema “Peningkatan Keterlibatan Masyarakat Dalam Upaya Pencegahan Kebakaran Lahan Dan Hutan, Penyebaran Covid-19 Dan Pengembangan Ketahanan Pangan”.

Kapolres Pulpis, AKBP. Yuniar Ariefianto SH.,S.I.K.,M.H melalui Kapolsek Maliku Ipda Laaser Kristovor mengatakan, sejauh ini para mahasiswa masih dalam pemesanan barner atau alat peraga yang akan diaplikasikan langsung ke warga masyarakat. Sebagaì upaya pencegahan kebakaran lahan dan hutan (Karhutla), pencegahan penyebaran Covid-19, dan peningkatan hasil produksi masyarakat. Seperti, kolam ikan, ternak dan produktifitas padi.

“Mereka juga akan membagikan tiap rumah satu bibit cabe dan sekarang dalam tahap penyemaian. Lalu pemanfaatan limbah sampah plastik seperti gelas dan botol mineral yang akan dijadikan sebagai wadah tanam cabe yang nantinya akan dibagikan ke masyarakat Desa Tahai Baru,” jelas Laaser.

Selain itu, ucap Kapolsek lebih lanjut, mahasiswa Unpar juga memberikan Bimble sore kepada anak-anak umur 6 hingga 12 tahun, sekaligus mensosialisasikan cara mencegah penyebaran Covid-19. Dan juga telah memberikan sosialisasi tentang Covid-19 kepada masyarakat di Desa Tahai Baru. Kedepan mereka akan membagikan masker, tempat cuci tangan, serta memberikan himbauan kepada masyarakat tentang Covid-19.

Tidak hanya itu, juga akan dilakukan pembahasan mengenai pencegahan penyakit dan hama pada tanaman padi, cara menanam tanaman refugia di pinggir-pinggir pematang sawah. Diharapkan bisa menjadi contoh, untuk diikuti semua petani padi. Juga, membahas tentang lahan yang akan digunakan untuk penanaman sayuran,” papar Laaser. KABAR TODAY.COM