Ampibabo Siap Jadi Ibukota Kabupaten Parimo

JeMmy Tehardjo | Parimo | Kabartoday.com – Perkembangan Kecamatan Ampibabo dari masa ke masa cukup menonjol, kini penduduknya berjumlah 22,924 orang harmonis dan rukun, dan etnik terbesar menempati kecamatan Ampibabo adalah etnik Kaili Laoje 47%, Kaili Rai 31%, Kaili Ledo 19%, berbagai suku nusantara 2%, dengan luas wilayah 191,044 km2 dalam waktu dekat ini Ampibabo akan menjadi Ibukota Kabupaten Parimo.

Kepala Pemerintah Kecamatan Ampibabo, Andi Syarif, S.sos membenarkan perpindahan Ibukota Parimo di Parigi ke Ampibabo.

“ Dalam waktu dekat ini, Ampibabo akan menjadi Ibukota Kabupaten Parimo, dan Kota Parigi menjadi Kotamadya,” kata Camat Andi Syarif, seraya menambahkan Ampibabo sudah sangat siap menjadi Ibukota Kabupaten didukung keseriusan memekarkan jumlah desa-desa menjadi kecamatan.

Dikatakannya lagi, Sekarang ada 19 Desa yang tersebar di utara dan selatan Ampibabo, dan pemetaan pemekaran lebih condong ke arah selatan Ampibabo dan masih menunggu hasil pleno semua desa.

Sementara itu, pembangunan infrastruktur jalan sedang dalam proses dan untuk tahap awal akan mengerjakan jalan poros berjalur dua.

“ Awalnya kami akan membuat jalan raya menghubungkan Ampibabo utara dan Ampibabo induk menuju Desa Tombi, dan jalan raya itu berjalur dua dengan panjang 6 km, sementara, pengerjaan jalan tersebut pelaksanaannya dimulai di tahun 2017 ini. Selain itu, lahan untuk mendirikan rumah sakit, Polres dan pusat perkantoran pemerintah akan dipusatkan di jalan raya jalur dua itu, sedangkan buat kegiatan masyarakat, kami akan merubah status lapangan sepak bola yang terletak dibelakang kantor kecamatan menjadi pusat kegiatan olah raga, diantaranya membuat fasilitas olahraga cabang Volly sebanyak dua lapangan, satu lapangan cabang olah raga Futsal, lapangan Basket, Sepak Takraw, termasuk lapangan Volly pantai, taman hijau di desa Paranggi, ” dikatakan Andi Syarif, S.sos kemaren di ruang kerjanya di Ampibabo.
“ Saya mengharapkan, apa yang telah dilaksanakan kemarin dengan bagus dan kedepan akan berkerja lebih baik, dengan motto bertindak tepat pelayanan cepat,” pungkasnya. ***