Amankan Kunjungan Menteri Pertanian RI, Ini Penjelasan Kapolsek Pandih Batu

SUYANTO | PULANG PISAU | KALTENG – Jajaran Polsek Pandih Batu, Polres Pulang Pisau (Pulpis) turut serta melaksanakan kegiatan pengamanan kunjungan Menteri Pertanian RI, dr. Syahrul Yasin beserta rombongan di Desa Belanti Siam, Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulpis, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

Kedatangan Menteri Pertanian RI disambut oleh Gubernur Kalteng, H. Sugianto Sabran beserta Unsur Forkopimda Provinsi Kalteng, Bupati Pulpis, H. Edy Pratowo dan Unsur FKPD Kabupaten Pulpis, Sabtu (12/09) siang sekitar pukul 14.30 WIB.

Kapolres Pulpis AKBP Yuniar Ariefianto SH.,S.I.K.,M.H melalui Kapolsek Pandih Batu Ipda Agus Suparji mengatakan, kunjungan Menteri Pertanian untuk meninjau lokasi persawahan yang akan direncanakan untuk kegiatan penanaman padi perdana oleh Presiden RI di kawasan Food Estate Desa Belanti Siam.

“Untuk lokasi rencana penanaman padi perdana Presiden RI itu berlokasi di sekitar lahan milik Rohman dengan luas lahan 2 Ha (hektar) yang berada di Jalan. Katingan Jalur 2, RT. 20 RW. 08 Desa Belanti Siam,” terang Kapolsek.

Dalam kesempatan tersebut, lanjut Kapolsek selain mengecek lokasi, Menteri Pertanian RI juga menyempatkan diri untuk mencoba mengoperasikan alat pertanian berupa Traktor Perahu atau Traktor Rawa yang digunakan sebagai alat pembajak sawah.

“Dalam peninjauan lokasi ada beberapa arahan dari Menteri Pertanian kepada Dirjen dan Forkopimda Provinsi serta Bupati Pulpis antara lain, saat Kunker Presiden RI agar tidak ada lahan yang tidak ada traktornya, selain padi akan ditanam juga pohon kelapa sebanyak 20.000 batang, ditambah pohon jeruk,” beber Agus.

Selain itu, untuk warga agar dibatasi kehadirannya dilokasi, tokoh masyakarakat yang diundang akan diberi tenda khusus. Selanjutnya, traktor terapung atau rawa rencana akan dioperasionalkan dan diresmikan serta dicoba langsung penggunaannya oleh Presiden RI dengan didampingi operator yang sudah disiapkan.

“Juga, agar dibangun saung atau gazebo untuk bapak Presiden RI, para Menteri dan undangan VIP lainnya. Dalam kesempatan itu Menteri Pertanian akan memberikan penjelasan tentang perkembangan Food Estate.
Untuk awak media atau wartawan agar diseleksi dan diatur penempatanya dan diharapkan membawa kamera tele,” tambahnya.

Poin selanjutnya, Gubernur Kalteng akan diberikan kesempatan berkomunikasi dengan RI 1, untuk traktor disetiap sawah dipersiapkan minimal berjumlah 100 buah traktor bajak yang akan dioperasionalkan oleh warga, Babinsa (TNI) dan Bhabinkamtibmas (Polri) pada saat kunker RI 1 tersebut.

“Disiapkan juga tiga titik peternakan itik disekitar area lokasi tanam dan kegiatan akan di gladikan sekitar 1 minggu ke depan, kedatangan RI 1 direncanakan 10 hari dari sekarang atau minggu ke IV bulan September 2020,” jelas Agus.

Lebih lanjut, Agus menerangkan, usai meninjau rencana lokasi penanaman padi perdana Presiden RI, rombongan kemudian menuju ke Posko pendampingan pengembangan Food Estate Kalteng Badan Litbang Pertanian di Jalan Katingan 2 , yakni di rumah milik Muji.

“Selama kegiatan Kunker berlangsung situasi aman dan kondusif, telah dilaksanakan Pengamanan oleh Polres Pulang Pisau dan back up dari Sat Brimob dan Sat Sabhara Polda Kalteng yang dipimpin langsung oleh Dansat Brimob dan Dir Sabhara serta dari TNI – AD Kodim Kapuas,” tutupnya. KABAR TODAY.COM