Akibat Covid-19, “PAD Kabupaten Buol Menurun Drastis” Kaban Bapenda Temui Ketua Komisi II DPRD

Buol, Sulteng | Kabartoday.com – kepala Bapenda Buol Wahyu Setyabudhi, S.H Berkunjung ke gedung DPRD Kab Buol dan bertemu dengan Ketua Komisi II, Pak Ahmad Andimaka untuk membahas terkait optimalisasi pajak daerah ditengah pandemi Covid 19.

“Pandemi Covid 19 ini telah membuat sebagian ekonomi menjadi lumpuh, sehingga saat ini masyarakat pun ikut terdampak atas situasi saat ini” Ungkap kepala Bapenda Buol Wahyu Setyabudhi, S.H., Rabu (7/07/2021)

Lanjut Wahyu Menyampaikan, dalam kurung waktu dua tahun berjalan Pandemi Covid masih terus menyebar baik secara nasional, regional sampai tingkatan daerah, sehingga berdampak besar terhadap Pendapatan Daerah.

“Dampak Covid-19 ini sangat berimbas pada pendapatan asli daerah (PAD) yang sudah menurun drastis, khususnya pada pajak dan retribusi daerah ” Tuturnya

Ia menambahkan, pertemuan bersama komisi II sebagai bentuk mencari solusi, pendapat, dan meminta saran terkait langkah efektif untuk menjaga stabilitas ekonomi sehingga dapat meningkatkan pendapatan daerah di sektor pajak.

“Saat ini masalah yang di hadapi tim pemungut pajak selama dilapangan, yang dipaksa harus menyesuaikan dengan situasi pandemi, dan lebih banyak memaklumi dibanding harus bersikap tegas, sedangkan disisi lain tuntutan merealisasikan target harus terpenuhi, dan itu tanggung jawab kami.” Kata Kepala Bapenda, Wahyu Setyabudhi, S.H

Lagi, menurut Wahyu, dari hasil diskusi bersama Komisi II dan melahirkan hasil yang akan diagendakan dalam rapat kerja antara Bapenda dan DPRD.

Di akhir pertemuan Ketua Komisi II, Pak Ahmad Andimaka, menitip pesan melalui media resmi Bapenda agar seluruh masyarakat kabupaten buol, tetap istiqamah dalam menghadapi musibah pandemi ini, disiplin menjalankan protokol kesehatan serta selalu menunaikan kewajiban membayar pajak, agar daerah terus menjalankan Social safety net (jaring pengaman sosial). ***