Agung Satria Ponga, ST: Infrastruktur Morut Terus Dibenahi

JAYA MARHUM | KOLONEDALE – Kadis PUPR Morowali Utara (Morut) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) mengatakan, program pembangunan sejumlah infrastruktur strategis di Kabupaten Morut, terbilang sukses dari sisi progres.

Dinas PUPR Morut yang menjadi “panglima komando” lima bidang dibawahnya kata Agung Satria, mencacat sejumlah keberhasilan yang cukup signifikan, sepanjang tahun 2019.

Lima bidang yang dibawahi PUPR Morut papar Agung, telah menggenjot program sesuai visi misi bupati.

“Semua tercapai dengan sekecil mungkin meminimalisasi bengkalai,” kata Agung Satria Ponga kepada Kabar Today di Kolonedale baru-baru ini.

Secara akumulatif kata Satria bahwa selama enam tahun usia Morut, kabupaten yang dipimpin Bupati Aptripel Tumimomor, sudah banyak berubah. Bahkan, Kolonedale sebagai “pintu gerbang Morut kian cantik”. Begitupun profil kabupaten secara keseluruhan, tercermin dihampir seluruh kecamatan.

Bidang Bina Marga untuk tahun 2020 misalnya, memfokuskan pembangunam dalam Kota Kolonedale (Kodal). Seperti yang bisa dilihat kasat mata, jalan-jalan dalam kota sudah mulus teraspal.

Untuk tahun 2019, jalan aspal yang ditangan, sepanjang 6 Km, mengkoneksikan antar jalan dalam kota. Misalnya, jalan tanggul tembus ke pertokoan. Begitupun jalan aspal dari arah lapangan Morokoa, diusahakan ditembus ke jalan jalur dua arah puncak. Dilain ruas, jalan disamping Kantor Bupati akan ditembuskan ke jalur jalan provinsi serta jalan di depan RSUD yang tembus ke Kantor DPRD juga sudah akan dikerjakan.

Untuk Bidang Cipta Karya, banyak pula yang dapat dilihat. Gedung Pertemuan Morokoa dibangun megah, menjadi salah satu ikon Morut. Gedung SMP lima tingkat, juga Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) yang lokasinya di bekas bangunan lama RS Kolonedale. Di bangunan tersebut akan bergabung Dinas Kesehatan, Kependudukan dan Pencatatan Sipil serta Kantor PTSP sendiri.

“Dengan beberapa instansi dan dinas, diharapkan masyarakat akan lebih mudah menperoleh pelayanan,” kata Agung Satria Ponga.

Saat ini di bibir Teluk Kolonedale atau di dekat kelokan ujung jalan baru yang tembus ke pertokoan, tengah dirampungkan pasar moderen yang cukup megah. Bangunan ini menambah referensi torehan Bidang Cipta Karya Morut.

Kabar Today mencatat, sejumlah bangunan di Bidang Cipta Karya yang sudah dilakukan, seperti Rujab Sekdakab Morut. Selain itu harus diapresiasi pula sejumlah infrastruktur lain. Seperti drainase, jalan-jalan masuk ke pemukiman penduduk. Jalan rabat baton serta jalan-jalan paving blok, agar kendaraan roda empat dapat masuk.

“Semua upaya yang kami lakukan untuk memperindah Kota Kolonedale sehingga lebih memikat hati dan membetahkan,” ucap Satria Ponga.

Bidang-bidang lainnya, juga hampir merata membuat karya. Bidang Pengairan, Sumber Daya Air (SDA) serta Perumahan, berjalan sesuai yang diprogramkan.

Untuk Bidang Perumahan tabah Agung Satria, kebanyakan dilaksanakan di kecamatan dan desa. Seperti membangun rumah layak huni kepada masyarakat yang masuk kategori miskin melalui program Aladin (Atap, Lantai dan Dinding). kABARTODAY.com