Achmad Tamrin: Kritisi Jika Ada Pungli di Insitusi BPKAD Bangkep

JAYA MARHUM | SALAKAN – Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep), Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Achmad Tamrin, S. STP, ME sejak tahun 2019 sudah membuat terobosan dilingkungan kerjanya, Guna meminimalisasi terjadinya penyalah gunaan wewenang jajarannya pada job pelayanan.

“Dengan begitu, yang namanya pungutan liar (pungli), ucapan terima kasih, ganti lelah, kemanisan hati dan korupsi tidak bisa tumbuh dilingkup BPKAD Bangkep,” Ucap Achmad Tamrin, di Salakan baru-baru ini.

Upaya menutup celah terjadi pungli dijajarannya Achmad Tamrin, menambahkan akan membuat sekat untuk memisah pelayan (jajarannya -red) dengan yang dilayani.

“Supaya budaya kerja bersih ASN (Aparatur Sipil Negara) menjadi clean government, bisa terterapkan di lingkup BPKAD Bangkep,” Imbuhnya

Lanjut Achmad, orang yang berurusan mengangkat sendiri berkasnya untuk minta dilayani duluab, Nah, disitulah nantinya bisa terjadi pungli dan korupsi.

“Selain membuat sekat, saya juga memasang CCTV mulai pintu masuk dan dibagian-bagian pelayanan yang bisa ia pantau dari dalam ruangannya.hal ini akan di Mulai dari pengajuan, proses berikutnya sampai kepada SPM (Surat Perintah Membayar), dilakukan melalui sistem non tunai.” Ujur Achmad

Lagi, Jika sudah seperti itu prosesnya, sangat mudah untuk dikontrol dan pantau langsung. Dan bisa di pastikan tidak akan ada person di jajaran saya yang berlaku curang atau bermain secara bersembunyi-sembunyi akan ketahuan.

“Karena semuanya harus sscara transparan, dan yang jadi Pertanyaannya, jika masih terjadi pungli di institusi saya, silahkan dikritisi selama itu benar dan bukan hoax,” jelas Achmad Tamrin.

Sitambahnya lagi, Dengan melakukan kontrol secara ketat dalam proses pelayanan di instutusi ini, saya akan menempatkan seorang petugas Satpol PP untuk membantu mengawasi.

“Harapan saya jika siapa saja dan pihak mana saja yang menyalagunakan wewenang di jajaran saya, silahkan lapor welcome, Jangan sampai timbul fitnah,” tukas Achmad Tamrin.

Penyampaian Achmad Tamrin, juga sebagai penegasan bahwa ia telah nenerapkan aturan yang tetat, dan tidak main-main terhadap taggung jawab pelayanan lintas sektoral yang dilakukan oleh jajarannya.

“Semuanya saya lakukan demi mendukung kerja cyber pungli, dan Saya sudah sering memyampaikan ke jajaran agar selalu memberikan pelayanan terbaik, dan maksimal, sesuaikan juknis dan juklak berdasar perundang-undangan yang berlaku,” Pungkas Acmad Tamrin. KABARTODAY.com