4 PDP Baru Tolitoli Dikarantina di SKB

ERWIN | TOLITOLI – Dinas Kesehatan Kabupaten Tolitoli beberapa hari ini dengan gencarnya melakukan pemeriksaan cepat melalui rapid tes kepada ratusan orang yang ada di beberapa kecamatan dikabupaten Tolitoli, Alhasil dari pemeriksaan 4 Orang dinyatakan Positif Rapid Tes, Senin (04/05).

Kepala dinas kesehatan Drs. Bakri Idrus A,pt., M.M yang ditemui dirungannya mengatakan ke Empat (4) warga Tolitoli yang telah dinaikkan statusnya sebagai Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berdasarkan hasil rapid test.

“Saat ini Kami sudah melakukan pengambilan swab terhadap keempat warga yang berstatus PDP dan selanjutnya kami akan mengirimkan ke Balai Laboratorium Kesehatan Undata Palu, untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” Ucap Kadis Kesehatan Kabupaten Tolitoli, Bakri Idrus.

Lanjut Bakri, keempat warga yang ditetapkan PDP itu pernah berkunjung ke daerah zona merah Makassar, dan Sebelumnya Ke empat (4) Warga sudah perna menjalani karantina mandiri selama 45 hari.

“Tim Surveilans dari dinas kesehatan mencurigai, keempat warga yang PDP ini, meski sudah dilakukan karantina mandiri, diduga sebelumnya keempat warga tersebut perna kontak dengan pasien dari Kabupaten Buol, dan saat dilakukan pemeriksaan mendalam melalui Rapid Tes ternyata hasilnya Positif,” Imbuhnya.

Ditambahkannya, Saat ini data yang telah di rilis oleh Dinas kesehatan Kabupaten Tolitoli, pertanggal (4/5) jumlah PDP Baru berjumlah 4 Orang, Total keseluruhan PDP sebanyak 13 orang, satu (1) di antaranya sudah selesai PDP, dan Total PDP saat Ini berjumlah 12 Orang, Sementara Orang Dalam Pemantauan (ODP) berjumlah 25 orang, 20 diantaranya selesai ODP, saat ini tertinggal 5 yang masih ODP.

“Ke 4 warga yang telah ditetapkan sebagai PDP masing masing dua (2) dari kecamatan Dondo yang masuk pada malam hari, dan dua (2) lagi dari kecamatan Baolan sore ini, kini status mereka kami naikkan setingkat menjadi PDP, dan ke empat warga tersebut langsung kami lakukan karantina di SKB,” Pungkas Bakri__KABARTODAY.com