39 Peserta Sar Gabungan Ikuti Latihan Simulasi Bencana

Tolitoli, KabarToday.com – Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Provinsi sulawesi tengah, menyelenggarakan latihan SAR gabungan yang diikuti sebanyak 39 peserta dihotel Bumi harapan Tolitoli. Mereka terdiri dari unsur Rescuer Kantor Basarnas Palu, Dinas Pemadam Kebakaran Tolitoli, Kodim Tolitoli, Koramil Tolitoli, BPBD Tolitoli, Dinas Kesehatan Tolitoli, Dinas sosial Tolitoli,PMI dan potensi SAR yang ada di wilayah Tolitoli.

Pelatihan dibuka oleh Kepala dan sub Seksi Sumberdaya pencarian fan pertolongan palu, Haris Supardi pada Minggu (9/12). Dalam sambutannya ia mengatakan Latsarda 2018 mengambil tema ‘Melalui Latihan SAR Gabungan Kita Tingkatkan Kecakapan Tim Rescue Bidang Collapsed Structure Search and Rescue (CSSR).

“Latihan SAR daerah gabungan ini merupakan salah satu upaya Kantor Basarnas provinsi sulteng dalam melibatkan para pemangku kepentingan yang mempunyai tim rescue untuk penyelamatan korban yang tertimpa reruntuhan bangunan, baik yang disebabkan oleh bencana alam maupun bencana non alam,” katanya.

Peristiwa gempa dan likuifaksi yang terjadi di PASIGALA beberapa waktu silam, imbuhnya, menjadi contoh betapa pentingnya peran tim rescue dalam mengupayakan keselamatan korban yang secara khusus memiliki keahlian bidang CSSR.

“Saya berharap melalui latihan gabungan ini, teman-teman tim rescue gabungan mampu berkolaborasi dengan baik melakukan upaya evakuasi pada kondisi reruntuhan, sesuai dengan SOP dalam regulasi Nasional maupun Internasional Guideline,” ujar Haris supardi.

Menurutnya, tujuan latihan SAR daerah gabungan ini untuk memantapkan koordinasi dan sinergitas dari Tim Urban SAR dan pemangku kepentingan untuk optimalisasi pelaksanaan operasi SAR.

“Kita mampu menjadi sebuah kekuatan yg profesional serta cakap dalam penyelamatan bidang CSSR dengan tujuan menyelamatkan jiwa sebanyak mungkin hingga mendapatkan perawatan medis lebih lanjut,” katanya. Erwin