Kebakaran di Tumbang Nusa, TNI-Polri Bergerak Cepat PadamkanTitik Api

SUYANTO | PULANG PISAU | KALTENG – Keseriusan dalam menghadapi bencana Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Polda Kalimantan Tengah (Kalteng), bekerjasama dengan TNI bergerak cepat memadamkan titik api di Desa Tumbang Nusa, Kecamatan Jabiren Raya, Kabupaten Pulang Pisau, Provinsi Kalteng, Kamis (20/05) pagi.

Pada Latihan Simulasi penanggulangan Karhutla tersebut, personel Gabungan TNI-Polri dari Polda Kalteng dan Korem 102 Panju Panjung bekerjasama melakukkan pemadaman kebakaran titik api dengan membawa selang mesin pompa air yang sudah tersambung ke kolam air dan menyiramkan ke lokasi kebakaran.

Kapolda Kalimantan Tengah (Kalteng), Irjen Pol. Dr. Dedi Prasetyo, M.Hum., M.Si., M.M. melalui Kabidhumas Kombes Pol. K . Eko Saputro, S.H,. M.H., menyampaikan, semangat kebersamaan antara aparat TNI- Polri dengan petugas gabungan lainnya sangat tinggi, sehingga peralatan sederhana bukan menjadi kendala dalam pemadaman Api.

“Pemadaman secara dini ini sangat penting dilakukan karena struktur tanah di Kalimantan Tengah (Kalteng) ini sebagian besar adalah lahan gambut yang mudah terbakar dan kalau sudah terbakar sulit untuk memadamkannya, karena api berada dibawah tanah,” terangnya.

Terkait kebakaran ini, dirinya mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga lingkungannya, jangan pernah sekali-kali membakar lahan saat membuka atau mengolah lahan.

“Masalah Karhutla bukan semata mata menjadi tanggung jawab TNI-Polri dan Pemda, tetapi menjadi tanggung jawab bersama karena kebakaran bisa disebabkan iklim dan ada juga yang karena dibakar sengaja oleh orang tidak bertanggung jawab,” pungkasnya. KABAR TODAY.COM