15 Rumah Warga di Kabupaten Buol Terendam Banjir

Buol, Kabartoday.com – Tingginya curah hujan mengakibatkan meluapnya sungai Bokat, Kecamatan Bokat, Kabupaten Buol, Provinsi Suawesi Tengah (Sulteng).

Dampaknya, puluhan rumah warga di dua desa yakni desa Bokat Dan Desa Tang terendam banjir, pada Minggu Sore Pukul 16.00 Wita, (6 Juni 2021).

Perwira Penghubung Kodim 1305/BT Mayor Inf Jefri Mamonto bersama Dandramil Bokat memantau banjir yang mulai merendam rumah warga di dua desa tersebut.

Berdasarkan laporan dari Pabung 1305/BT Jefri Mamonto saat berada di lokasi, Babinsa Ramil 1305-09 Bokat, Tagana bersama aparat setempat sedang membantu warga untuk mengamankan barang barang warga yang terkena Dampak banjir ketempat yang lebih tinggi.

“Berdasarkan data yang dihimpun oleh Babinsa Ramil 1305-09 bahwa rumah warga yang tergenang air di Desa Bokat dan Tang berjumlah 15 unit,” Kata Jefri Mamonto yang saat itu sedang melakukan pemantauan di lokasi banjir.



Menurut Pabung 1305/BT Jefri Mamonto bahwa kejadian banjir tersebut akibat curah hujan dengan intensitas sedang yang terjadi mulai pada hari Minggu, 6 Juni 2021 pukul 15:30 Wita hujan secara umum mengguyur wilayah Kab. Buol, dengan intensitas tinggi sehingga mengakibatkan sungai Bokat tidak dapat menampung debit air, sehingga air meluap dan mengakibatkan puluhan rumah warga terendam air.

“Ketinggian air berkisar 20 sampai dengan 60 centimeter, sehingga warga harus mengevakuasi barang-barang perabot rumah ke tempat yang lebih tinggi,” Tuturnya

Ia menambahkan, saat ini pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Pemerintah Desa setempat untuk mengambil langkah-langkah dalam membantu warga yang terkena dampak Banjir.

” Saya terus mengimbau kepada warga untuk tetap waspada walaupun saat ini air mulai surut.” Ungkapnya

Atas kejadian Tersebut 15 Rumah warga terendam banjir dan tidak menimbulkan korban jiwa. ***