Waspada Karhutla, Polsek Sebangau Kuala Giat Patroli Bersama Polhut

SUYANTO | PULANG PISAU | KALTENG – Dalam rangka mencegah dan mengantisipasi terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) serta perkebunan, Polres Pulang Pisau melalui Polsek Sebangau Kuala menugaskan 2 (dua) personil yakni, AIPDA. Awan dan BRIGADIR. Markurius bersama Polisi Kehutanan (Polhut) Palangka Raya untuk melaksanakan giat patroli cegah karhutla di Desa Paduran Kecamatan Sebangau, Sabtu (03/08) Siang.

Kegiatan yang dilakukan oleh Polsek Sebangau Kuala bersama Polhut Palangka Raya ini terkait pencegahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan sekaligus mensosialisasikan bahaya kebakaran serta ancaman hukuman bagi warga masyarakat yang secara sengaja melakukan pembakaran lahannya.

Kapolres Pulang Pisau AKBP. Siswo Yuwono BPM,S.H,S.I.K melalui Kapolsek Sebangau Kuala IPDA. Bimo Setyawan,S.H menghimbau agar masyarakat dapat berperan aktif dalam melakukan pencegahan karhutla di wilayah hukumnya.

“Sasaran patroli cegah karhutla ini kami arahkan pada beberapa daerah yang dianggap rawan, oleh sebab itu saya sangat berharap kepada warga masyarakat yang mau membuka lahan agar sekiranya tidak dengan cara dibakar, mengingat dampaknya sangat fatal karena asap dari hasil pembakaran hutan dan lahan itu dapat mengganggu kesehatan,” kata Bimo.

Sementara itu kepala Dusun Sampang Desa Paduran, Ojek menegaskan bahwa dirinya akan selalu mendukung langkah – langkah pihak kepolisian dan instansi terkait dalam melakukan sosialisasi pencegahan Karhutla di Kabupaten Pulang Pisau khususnya kecamatan Sebangau Kuala yang mendatangi warga masyarakat secara langsung.

“Cara ini saya anggap sangat efektif, dikarenakan dapat bertatap muka dengan warga masyarakat secara langsung guna menyampaikan pesan – pesan dan arahan serta sanksi hukum bagi warga yang nekat atau sengaja membuka lahan pertanian dan perkebunannya dengan cara dibakar” pungkas Ojek. KABAR TODAY.com

Comments

comments