Wagub : Peran Bidan Penting Dalam Fase Kehidupan

MARDISON | KOTA PALU – HUT ke-68 Ikatan Bidan Indonesia (IBI) diperingati para bidan se Sulteng dengan mengadakan seminar nasional bertema, “Bidan Melindungi Hak Kesehatan Reproduksi Melalui Pemberdayaan Perempuan dan Optimalisasi Pelayanan Kebidanan”

Kegiatan di Hotel Rama Garden pada Sabtu (31/8) tsb dihadiri Ketua Umum IBI pusat Dr. Emi Nurjasmi, SKM, M.Kes dan resmi dibuka Wakil Gubernur Sulteng H. Rusli Dg. Palabbi, SH, MH.

Mewakili gubernur, mantan anggota legislatif ini mengartikan tema seminar sebagai pengingat akan pentingnya peran bidan pada setiap fase kehidupan dalam hal ini persalinan ibu baik di kota sampai ke pelosok-pelosok desa.

Ia pun mengharap IBI lebih proaktif mempersiapkan para bidan profesional yang gilirannya dapat meningkatkan UHH (Usia Harapan Hidup), menurunkan jumlah kematian ibu dan bayi baru lahir serta mendorong prilaku hidup sehat dan tanggung jawab masyarakat atas persoalan kesehatan di wilayahnya.

“Saya mengapresiasi kepada IBI yang sudah berpartisipasi aktif,” ujarnya atas eksistensi IBI membangun derajat kesehatan masyarakat Sulteng.

Sebelumnya, Ketua IBI Pusat Emi Nurjasmi menyampaikan permohonan maaf karena baru bisa mengunjungi Palu setelah 11 bulan lalu diguncang gempa, tsunami dan likuifaksi.

Ia menuturkan dalam tempo tidak terlalu lama usai gempa, IBI mengirim 90 bidan relawan pada tahap 1 masa tanggap darurat untuk membantu pelayanan bagi ibu dan bayi di tenda-tenda kespro (kesehatan reproduksi) yang ada di shelter penyintas.

Satu hal yang patut disyukuri dari HUT tahun ini lanjutnya adalah pengesahan UU Kebidanan pada 15 Maret 2019 lalu atau setelah 15 tahun lamanya diperjuangkan di DPR.

Selain itu Ia juga mensyukuri keberhasilan pemerintah yang telah mengangkat lebih dari 43 ribu bidan PTT di seluruh Indonesia, baik sebagai PNS maupun CPNS.

“Usia 68 tahun sudah banyak yang dikerjakan (IBI) tapi banyak juga yang harus kita perbaiki dan kita kembangkan,” ajaknya memotivasi bidan-bidan yang hadir.

Sementara Ketua IBI Sulteng Mardiani Mangun, S.SiT, MPH melaporkan sejumlah kegiatan yang telah digelar sehubungan HUT ke-68.

Seperti bakti sosial yang diadakan selama Juli s.d Agustus, Pekan ASI se dunia dan seminar kebidanan serta peletakan batu pertama kantor sekretariat dan klinik IBI Sulteng di lokasi Kelurahan Layana Indah.

Sebelum memasuki sesi materi, Wagub dan panitia melaksanakan pemotongan tumpeng sebagai wujud syukur atas bertambahnya usia IBI. KABARTODAY.com

Comments

comments