Wabup Rahman Sidak Harga Sembako Di Pasar Tolitoli 

Erwin | KabarToday.com | Tolitoli – Mengantisipasi kewajaraan harga pada Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1439 H, Wakil Bupati Kabupaten Tolitoli, Hi. Abd Rahman Hi. Budding, melakukan kunjungan ke pasar-pasar tradisional, untuk memantau kesetabilan harga Sembilan Bahan Pokok (sembako), sementara pasar di Ibukota Kabupaten Tolitoli yang di kunjungi Wabup Abdul Rahman adalah Pasar Susumbolan, Pasar Bumi Harapan dan Pasar Sandana Kamis, lalu (7/6).

.

IMG-20180607-WA0034

.

“Pemantauan kesetabilan harga sembako  ini, Pemerintah Daerah ingin memastikan kewajaran harga serta ketersediaan sembako dalam memasuki bulan Ramadhan dan menjelang hari raya Idul Fitri bagi masyarakat Tolitoli, agar kenaikan harga tidak melonjak drastis dan bisa terpenuhinya sembako dipasar nanti,” kata Abd. Rahman sembari berjalan memasuki pasar dan berinteraksi dengan pedagang di pasar.

Kunjungan dadakan ke tiga pasar di Ibukota Tolitoli, tim Wabup Tolitoli menemukan lonjakan harga sembako mencapai lonjakan harga sebesar lima puluh persen.

“Dalam inspeksi yang dilakukan di tiga (3) pasar itu ditemukan terjadinya kenaikan harga tomat mencapai 50% awalnya hanya  Rp. 8.000/Kg kini sekarang menjadi Rp.12.000 /Kg, di tiga pasar yang di lakukan ada beberapa perbedaan harga yang cukup signifikan antara Pasar Susumbolan dan di Pasar Sandana,” ujar Wabup Tolitoli, sembari menambahkan, seperti yang diketahui harga beras dan bawang merah, disebabkan bahwa Pasar Sandana yang aksesnya cukup dekat dengan Desa-desa oenghasil lumbung beras di Kecamatan Galang sehingga pengangkutan serta biaya transportasinya tidak begitu jauh dari pasar dan tidak mahal Maka jelas harganya pasti berbeda.

Dalam melakukan Inspeksi di pasar,  Wakil Bupati Tolitoli didampingi Sekretaris Daerah Drs. H. Mukaddis Syamsuddin, M.Si, Assisten Sekretaris Daerah Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kesra, Ir. Muh. Nur Munawar, Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Ir. Hardiyan, M.Si, Kadis Tanaman Pangan dan Hortikultura Rustan Rewa, SP Kadis Ketahanan Pangan Ir. Akbar Syah,  Ka. Sat Pol PP Samsuh, M.Si, Kepala Bulog Sub Divre III, Kabag Administrasi Perekonomian Adha Abd. Rasyid, SH, Pejabat dari Dinas Perikanan serta dari Dinas Sosial Kabupaten Tolitoli.

Namun meskipun ada temuan terjadi lonjakan harga, Wabup Tolitoli Abd. Rahman menyimpulkan gejolak harga yang mencapai lima puluh persen masih dalam ambang batas penjualan yang wajar.

“Umumnya tidak terjadi kenaikan harga sembako, harganya masih stabil, dan Insya Allah akan bertahan sampai dengan H -1 lebaran nanti,” pungkas Abd. Rahman. ***

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *