Wabup Pulpis, Minta Masyarakat Untuk Tetap Menjaga Kelestarian Budaya Leluhur

SUYANTO | PULANG PISAU | KALTENG – Upacara Pembukaan Ritual Adat Tiwah Massal agama Hindu Kaharingan berlangsung di Desa Sigi, Kecamatan Kahayan Tengah (Kahteng) Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) , Jum’at (08/11), dengan dihadiri oleh pejabat-pejabat tinggi dilingkup Pemerintah Kabupaten Pulpis serta dari provinsi Kalteng.

Wakil Bupati Pulpis, Pudjirustaty Narang mewakili Bupati Pulpis, H. Edy Pratowo, mengatakan bahwa kegiatan ini diselenggarakan atas kerjasama pemerintah Provinsi Kalteng melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalteng serta Majelis Besar agama Hindu Kaharingan Pusat Palangkaraya.

“Tiwah adalah suatu prosesi menghantarkan roh leluhur, anak dan saudara yang telah meninggal dunia ke alam baka dengan cara mensucikan dan memindahkan sisa jasad dari liang kubur menuju sebuah tempat yang bernama Sandung,” ujar Taty.

Taty juga berharap agar Upacara Ritual Tiwah Massal ini dapat membawa keberkahan untuk kita semua, khususnya bagi masyarakat Kalteng. Dan ia juga meminta kepada seluruh masyarakat agar selalu menjaga serta merawat kebersamaan dalam keragaman agama dan budaya di Kalteng.

“Saya ucapkan terimakasih atas peran serta seluruh kalangan masyarakat, khususnya yang masih menganut agama Hindu Kaharingan. Kegiatan ini perlu ditingkatkan lagi, tujuannya untuk melestarikan adat istiadat dan nilai-nilai budaya yang ada di Provinsi Kalteng terutama di Kabupaten Pulpis agar tetal lestari terjaga dan tumbuh berkembang dengan baik,” tutupnya. KABAR TODAY.COM

Comments

comments