Uta Dada Makanan Resep Kuno Asal Kota Palu

JeM | Kabar Today – Kota Palu selain dikaruniai keindahan alam lima dimensi teluk palu-nya juga memiliki makanan tradisional yang sangat lezat-lezat. Sebut salah satunya selain Kaledo yaitu Uta Dada, yang sekilas mirip opor ayam, namun Uta Dada jauh lebih gurih dan enak dari pada masakan ayam kuah bersantan yang sering kita jumpai di Indonesia.

Teknik masaknya yang sangatlah unik, serta bahan ayamnya bukanlah ayam impor, melainkan mengunakan ayam kampoeng yang terkenal memiliki tekstur daging yang kenyal dibandingkan ayam pedaging pada umumnya. Daging ayam kampoeng itu sebelum dimasak dengan aneka bumbu kuno, dagingnya terlebih dahulu dibakar setengah mateng.

Bumbunya pun yang digunakan sangatlah kuno dan sederhana, begitu pula cara memasaknya juga sangat tradisional dengan masih mengunakan api berbahan kayu bakar.

Ketika disajikan di meja makan, maka aroma dan rasa khas antara ayam, kuah santan agak pedas dan bumbunya sangat menonjol ke hidung dan akan membuat Anda tak sabar untuk menyantap Uta Dada. Dan saat sendok pertama kuah dan ayam di sluurupp (masuk-kan) ke mulut spontan Anda pasti manguk-manguk karena lezatya masakan kuno asal Kota Palu ini.

Berikut resep dan bahan Uta Dada:

Bahan :

1 ekor ayam kampung atau 3 ekor ikan cakalang

200 ml air santan cair

400 ml santan kental dari 1 butir kelapa

5 butir bawang merah diiris tipis

Haluskan :

3 butir bawang merah

2  cm kunyit

5 cm jahe

25 buah cabai rawit hijau dan merah (atau sesuai selera)

2 batang serai yg dimemarkan (pada ikan tanpa sereh)

3 sendok air asam jawa (pada ikan diganti dgn 5 buah tomat diiris besar)

Cara Memasak :

Bersihkan ayam/ikan (lebih dianjurkan buang kulit) potong-potong ayam menjadi 6 bagian, lumuri garam kemudian bakar/panggang dengan banyak asap sampai setengah matang, angkat.

Masukkan ayam/ikan ke dalam wajan berisi santan cair, tambahkan bumbu yang sudah dihaluskan, masak sampai mendidih. Masukkan serai, bawang merah iris dan air asam jawa, aduk rata, kecilkan api.

Masukkan santan kental, masak sampai mendidih sambil diaduk. Tunggu sampai santan mengental, angkat.

Selamat menikmati dan mencoba Uta Dada makanan kuno asal Kota Palu Sulawesi Tengah. ***

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *