Tunjang Ketahanan Pangan, IPDA Widodo Beri Penyuluhan ke Petani Pulpis

SUYANTO | PULANG PISAU | KALTENG –
Untuk menunjang program ketahanan pangan, Polsek Kahayan Hilir Polres Pulang Pisau (Pulpis) melakukan kunjungan dalam rangka ketahanan pangan masyarakat pada masa pandemi Covid 19, dengan mengunjungi Kelompok Tani Uji Coba Karya yang berada di Kelurahan Pulpis, Kecamatan Kahayan Hilir. Jum’at (05/06).

Kapolres Pulpis, AKBP Yuniar Ariefianto SH.,S.I.K.,M.H melalui Kapolsek Kahayan Hilir dalam kunjunganya menyampaikan materi cara bertani yang baik dan modern sehingga dapat memperoleh hasil panen yang optimal dalam upaya memperkuat program ketahanan pangan masyarakat pada masa pandemi Covid-19 di wilayah hukum Polsek Kahayan Hilir.

“Kami juga memberikan semangat kepada Kelompok Tani, mereka harus bisa mengembangkan hasil pertanian untuk meningkatkan taraf hidup dan dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari. Dengan tetap berkoordinasi dengan instansi terkait, yakni Dinas Pertanian dan Dinas Ketahanan Pangan Pulpis selama masa pandemi Covid-19,” tegas Kapolsek.

Dijelaskan Widodo, Kelompok Tani Uji Coba Karya yang di Ketuai Siti Rohani tersebut, memiliki anggota sebanyak 22 orang dengan luas lahan pertanian seluas 22 Hektare dengan jenis tanaman padi tahunan/lokal.

“Untuk hasil panen mereka selama ini masih minim, dimana dalam setahun satu kali panen dengan hasil perhektare cuma 200 kaleng atau setara 2 ton saja,” katanya.

Menurut Kapolsek, dari hasil kunjungan dan dialog dengan beberapa petani yang hadir, minimnya hasil panen itu ada beberapa faktor kendala. Masalah irigasi, perawatan termasuk pupuk dan bibit serta kurangnya peran aktif dari PPL untuk memberikan penyuluhan ke petani.

“Untuk bibit disini pakai bibit lokal, padahal untuk menunjang hasil alangkah bagusnya kalau menggunakan bibit padi unggul. Harapan kedepan, pihak terkait bisa turun kelapangan, jangan tersentralistik pada satu daerah saja,” pintanya.

Dalam kunjungan tersebut Kapolsek Kahayan Hilir, IPDA Widodo, SE, didampingi Kanit Reskrim Polsek Kahayan Hilir Aipda Rafli, S.Hut, S.H., Kanit Binmas Polsek Kahayan Hilir Bripka Eko Widianto, Bhabinkamtibmas Kelurahan Pulpis, Briptu Eka Hadi S, Personil Polsek Kahayan Hilir, Ketua Kelompok Tani Uji Coba Karya dan 9 orang petani. KABAR TODAY.COM