Tidak Taati Protokol Kesehatan Kampanye Bisa di Bubarkan

Tolitoli, Kabartoday.com – Bawaslu Tolitoli akan menindak tegas dan memberikan sanksi peringatan tertulis hingga pembubaran kegiatan, kepada seluruh partai politik, gabungan partai politik, pasangan calon, tim kampanye dan pihak lain yang tidak mematuhi protokol kesehatan selama masa tahapan pilkada.

Ketua Bawaslu Kabupaten Tolitoli Fajar Syadik menyampaikan hal tersebut sesuai ketentuan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 13 Tahun 2020 yang mengatur tentang pelaksanaan Pilkada Tahun 2020 ditengah Covid – 19.

“Ketika nanti pihak Bawaslu Kabupaten Tolitoli menemukan adanya pelanggaran protokol kesehatan saat pelaksanaan kampanye, maka akan dilakukan peringatan tertulis, yang selanjutnya dilakukan penghentian dan pembubaran kegiatan kampanye jika dalam waktu 1 (Satu) jam pemberitahuan tersebut tidak diindahkan, Ucap Fajar Syadik

Lanjut Fajar Syadik mengatakan dalam PKPU, (Bawaslu) telah diberikan kewenangan untuk melakukan penindakan pembubaran jika nanti di lapangan ditemukan pelanggaran protokol Covid – 19.

“Kegiatan kampanye yang dilakukan oleh partai politik, gabungan partai politik, pasangan calon, dan tim kampanye dilaksanakan melalui pertemuan tatap muka dan pertemuan terbatas dan dialog hanya di dalam ruangan atau gedung dengan membatasi jumlah peserta yang hadir paling banyak 50 (Lima puluh) orang dan menjaga jarak paling kurang 1 (Satu) meter antar peserta,” Ungkap Koordinator Divisi Hukum, Penindakan, dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Tolitoli.

Ditambahkannya, pelaksanaan kampanye diharapkan sebisa mungkin dapat dilakukan secara dalam jaringan berupa media sosial atau media lainnya sesuai peraturan perundang-undangan.

“Terkait hal ini bawaslu Tolitoli secara resmi telah mengirim imbauan kepada seluruh pasangan calon agar dapat menjadi perhatian selama tahapan pilkada sesuai dengan PKPU,” Pungkasnya ***Erwin***

Comments

comments