Rupiah Lemah, Jokowi Yakin Ekonomi Indonesia Baik

Dul | Jakarta | KabarToday.com – Nilai tukar mata uang Rupiah terhadap Dollar semakin merosot dan melorot, Presedin RI ke 7 Jokowi berusaha meyakinkan para ekonom Indonesia bahwa menurunnya nilai tukar rupiah bukan hal yang buruk dan bukan momok untuk harus di takuti.

Menurut Presiden, Fundamental ekonomi Indonesia masih dalam kondisi sangat baik.

“Fundamental ekonomi kita baik. Ada pertumbuhan, inflasi juga bisa kita kendalikan kurang lebih 3,5 persen, ekspor kita juga masih baik. Artinya fundamental makro kita baik,” kata Jokowi.

Itu disampaikan Jokowi usai menghadiri pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) Tahun 2018 di Jakarta Senin (30/4/2018).

“Depresiasi nilai tukar rupiah terhadap mata uang AS juga dialami oleh mata uang lainnya dari banyak negara,” kata Jokowi.

Jokowi menilai hal itu terjadi karena adanya sentimen global seperti kebijakan bank sentral AS yang berpotensi meningkatkan suku bunga acuan.

“Urusan kurs ini hampir semua negara. Ini fenomena pasar global yang semua negara juga mengalami. Semua negara juga sedang bergejolak kursnya. Kena dampak dari kebijakan-kebijakan terutama kenaikan suku bunga di Amerika Serikat,” ucap Jokowi.

Presiden menyebut bahwa pemerintah tidak akan mengintervensi Bank Indonesia (BI). “Pemerintah tidak akan intervensi urusan moneter karena ini nanti kebijakannya ada di BI,” tandasnya. ***

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *