Rini Widigdo Tutup Program PDN Tahun 2020

SUYANTO | PULANG PISAU | KALTENG –
Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) yang bekerjasama dengan Disnakertrans Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) secara resmi telah menutup program Pemagangan Dalam Negeri (PDN) yang telah berlangsung selama 5 bulan.

Penutupan tersebut bertempat di Aula Kantor Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Pulpis dengan dihadiri oleh Kepala Disnakertrans Provinsi Kalteng yang diwakili Kasi Pelatihan Kerja dan Produktivitas Kerja, Emy Susanti beserta staf, Kepala Disnakertrans Pulpis diwakili Kabid P3T, Rini Widigdo, ST, Camat Kahayan Hilir, Sugondo, Kepala Sekretariat Bawaslu Pulpis, Instruktur, Supervisi dan para peserta PDN.

Membacakan sambutan Kepala Disnakertrans Provinsi, Ir. Rivianus Syahril Tarigan, MAP, Kabid P3T, Rini Widigdo mengatakan program PDN merupakan salah satu upaya untuk menekan angka pengangguran dengan mempersiapkan SDM sesuai dengan keterampilan yang dibutuhkan oleh dunia usaha maupun dunia industri.

“Pemagangan adalah bagian dari sistem pelatihan kerja yang diselenggarakan secara terpadu antara pelatihan di lembaga dengan bekerja secara langsung dibawah bimbingan dan pengawasan instruktur atau pekerja yang lebih berpengalaman dalam proses produksi barang dan jasa di perusahaan dalam rangka menguasai keterampilan atau keahlian tertentu,” terang Rini.

Dengan telah berakhirnya pelaksanaan pemagangan Kejuruan Tata
Busana, Otomotif Roda Empat dan Operator Komputer tahun 2020, di
Kabupaten Pulpis ini, dirinya berharap peserta telah dapat menguasai
dan memiliki keterampilan serta kompeten dalam bidangnya masing
masing. Yang nantinya dapat diserap oleh dunia usaha sebagai
pekerja atau dapat berusaha mandiri sehingga masalah pengangguran
dapat diatasi.

Selama 5 (lima) bulan peserta tentu telah mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang cukup baik, selama mengikuti kegiatan pemagangan ini mulai dari pembekalan sampai mengikuti kegiatan pemagangan di dunia usaha.

Rini juga berharap kepada dunia usaha, khususnya yang berada di Kabupaten Pulpis, kiranya dapat memanfaatkan keterampilan yang mereka miliki pada saat melakukan rekrutmen tenaga kerja sebagai karyawan pada dunia usaha yang yang dipimpin.

“Tentunya dengan persyaratan yang berlaku di perusahaan tersebut,” tambahnya.

Sedangkan bagi peserta yang telah selesai mengikuti program pemagangan dari awal sampai dengan selesai. Rini mengucapkan selamat dan berpesan kepada peserta untuk dapat mempersiapkan diri dalam memasuki dunia kerja dengan memanfaatkan secara maksimal keterampilan yang sudah didapatkan dari pelatihan selama 5 bulan ini.

“Tidak lupa juga kami selaku Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Pulpis mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pihak perusahaan yang telah berkenan dijadikan tempat pemagangan,” ucapnya.

Sebelum mengakhiri sambutan, ucapan terima kasih juga ia diberikan kepada seluruh panitia Provinsi maupun panitia Kabupaten atas kerjasamanya mulai dari perencanaan, persiapan hingga pelaksanaan.

“Atas nama Kepala Disnakertrans Provinsi Kalimantan Tengah beserta seluruh panitia mohon maaf bila dalam pelaksanaan pemagangan ini terdapat kekurangan,” pungkasnya. KABAR TODAY.COM

Comments

comments