Rawan Kecelakaan, Satlantas Polres Pulpis Pasang Pita Kejut

SUYANTO | PULANG PISAU | KALTENG – Satlantas Polres Pulang Pisau (Pulpis) kembali membuat inovasi untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas dengan membuat Pita Kejut (Rubber Strip) di sepanjang ruas Jalan Trans Kalimantan di wilayah hukum Polres Pulpis.

“Salah satu alasan kami buat Pita Kejut ini untuk mengurangi tingginya angka lakalantas yang terjadi di ruas Jalan Trans Kalimantan Pulpis,” Kapolres Pulpis, AKBP. Yuniar Ariefianto, SH.,SIK melalui Kasatlantas, AKP. Mohammad Syafuan Noor SIK, Rabu (29/07).

Menurut Kasatlantas, pembuatan Pita Kejut itu berada dibeberapa titik yang disinyalir sering terjadi kecelakaan. Seperti di tikungan Jembatan Garung 1 titik, tikungan dekat PT. Kahayan Berseri di Desa Garung 2 titik dan Jembatan Layang Tumbang Nusa sebanyak 2 titik yang semuanya berada di ruas Jalan Lintas Trans Kalimantan Pulpis.

“Keberadaan Pita Kejut ini dapat membantu pengemudi yang sudah mulai ngantuk, ketika melintasi garis kejut tersebut secara otomatis pengemudi sadar dan bisa konsentrasi kembali dalam mengemudikan kendaraannya,” tambahnya.

Tapi, lanjut Kasat Lantas, jika kondisi kita benar-benar lelah dan ngantuk, sebaiknya pengemudi segera menepikan kendaraan di jalur yang aman untuk beristirahat sampai kondisi fit kembali.

“Intinya, bagi seluruh pengemudi diwajibkan tetap waspada. Ikuti aturan rambu-rambu lalu lintas, kelengkapan surat-surat kendaraan bermotor, gunakan helm SNI bagi kendaraan R2 dan tetap memakai masker,” pesan Kasat Lantas.

Ikut dalam kegiatan yang dimulai dari pukul 08.30 WIB dan selesai sekitar pukul 14.30 WIB tersebut, yakni Kanit Dikyasa Satlantas Polres Pulpis, Aipda Edy Triyatno, serta Ba Unit Dikyasa, Bripka Kristian Elsanto.

“Selama kegiatan berlangsung aman dan tertib, sedangkan untuk arus lalu lintaspun lancar,” tutup Syafuan. KABAR TODAY.COM

Comments

comments