Presiden Jokowi Kunjungi Desa Belanti Siam

SUYANTO | PULANG PISAU | KALTENG – Setelah beberapa kali sempat batal, akhirnya Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo akhirnya mengunjungi Desa Belanti Siam, Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis), guna meninjau secara langsung kawasan pengembangan ketahanan pangan (Food Estate), Kamis, (09/07).

Dalam kunjungan tersebut, Presiden didampingi oleh Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto, Menteri PUPR, Ir.Mochamad Basoeki Hadimoeljono, Menteri pertanian, Syahrul Yasin Limpo, Kepala Staf Kepresidenan, Dr. H. Moeldoko, S.IP serta Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), Sugianto Sabran.

Rombongan Presiden disambut langsung oleh Bupati Pulpis, H. Edy Pratowo didampingi Wakil Bupati Pulpis, Pudjirustaty Narang dan unsur FKPD Kabupaten Pulpis. Kemudian Presiden langsung menuju Panel Pengembangan Kawasan Food Estate di Kabupaten Pulpis untuk mendengar penjelasan menteri pertanian.

Edy Pratowo mengatakan, kunjungan Presiden ini dalam rangka tindak lanjut keseriusan pemerintah pusat terkait program ketahanan pangan. Dikatakan Edy, di Propinsi Kalteng, selain Kabupaten Kapuas, Kabupaten Pulpis juga dipilih sebagai salah satu daerah stok ketahanan pangan nasional.

“Menurut informasi, akibat pandemi Covid-19, bakal terjadi kelangkaan pangan. Sehingga kita menyiapkan stok pangan nasional dengan membuka wilayah potensial untuk ketahanan pangan,” tutur Bupati.

Bupati mengharapkan, melalui kegiatan Food Estate yang dicanangkan pemerintah pusat ini bisa memberikan cadangan pangan nasional. Dan juga, lanjut Edy, hasil produktivitas pertanian diharapkan terus meningkat.

“Suatu misal, dalam satu hektare sawah yang tadinya cuma bisa menghasilkan 2 atau 3 ton setiap panennya, maka melalui program ini diharapkan hasil panennya bisa meningkat kisaran 5 sampai 7 ton,” jelasnya.

Sehingga, masih menurut Bupati, dengan meningkatnya hasil pertanian, secara otomatis juga akan meningkatkan pendapatan nasional dan kesejahteraan para petani khususnya.

“Kunjungan Bapak Presiden sangat memberikan nilai tambah yang positif buat Kabupaten kita yang telah diberikan kepercayaan untuk dijadikan lokasi pengembangan ketahanan nasional. Untuk itu, kami mengajak seluruh lapisan masyarakat ikut serta mendukung program Food Estate ini,” pungkasnya. KABAR TODAY.COM

Comments

comments