Polsek Maliku Kembali Lakukan Patroli Terpadu, Guna Cegah Karhutla

SUYANTO | PULANG PISAU | KALTENG – Kepolisian Sektor (Polsek) Maliku, Polres Pulang Pisau (Pulpis) secara rutin menggelar Patroli Terpadu di desa-desa rawan kebakaran. Patroli tersebut digelar sebagai upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

“Sebelumnya Team gabungan berangkat dari Posko terlebih dahulu untuk melaksanakan Breafing yang di pimpin oleh Bripka. Taufiq Andri yang menyampaikan sasaran dan cara bertindak petugas,” kata Kapolres Pulpis AKBP Yuniar Ariefianto SH.,S.I.K.,M.H melalui Kapolsek Maliku Ipda Laaser Kristovor, Rabu (12/08).

Dikatakan Laaser, hari ini Tim mendatangi serta memberikan himbauan kepada warga yang sedang beraktifitas di kebun. Untuk memberikan himbauan agar warga tersebut tidak membuka lahannya dengan cara dibakar. Mengingat lokasi kebun milik warga tersebut berada di daerah rawan karhutla.

“Meskipun curah hujan saat ini masih stabil, kami bersama instansi terkait tetap rutin untuk melaksanakan patroli sambil melakukan sosialisasi tentang pencegahan karhutla,” imbuhnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, patroli terpadu bersama pihak TNI, Manggala Agni dan MPA ini juga untuk meninjau adanya titik api, hasilnya tidak ditemukan karen kondisi saat itu memang hujan. Kemudian Team juga melakukan pengecekan Embung, sekat kanal dan sumur bor.

“Semoga curah hujan di kecamatan Maliku tetap stabil, sehingga dapat mengurangi potensi Karhutla yang diharapkan agar Kecamatan Maliku terhindar dari kabut asap yang bisa merusak kesehatan,” tandasnya. KABAR TODAY.COM

Comments

comments