Polsek Kahayan Hilir Pasang Spanduk Himbauan Karhutla

SUYANTO | PULANG PISAU | KALTENG – Kurangnya pemahaman masyarakat terkait dampak buruk dari Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang terjadi setiap tahunnya dimusim kemarau, Polsek Kahayan Hilir beserta dengan Pol Subsektor Mintin melakukan pemasangan Spanduk Himbauan Karhutla di Wilayah yang dianggap rawan terjadi Karhutla. Rabu (27/05).

Kapolres Pulang Pisau (Pulpis), AKBP Yuniar Ariefianto, SH,.S.I.K,.M.H, melalui Kapolsek Kahayan Hilir, Ipda Widodo, SE mengatakan, untuk tahap pertama ini, sebanyak 21 spanduk telah terpasang disepanjang Jalan Trans Kalimantan yang masuk dalam Wilayah Hukum Polsek Kahayan Hilir.

“Hari ini kita memasang spanduk Himbauan Karhutla di Desa Gohong, Desa Hanjak Maju, Desa Anjir Pulang Pisau, Desa Mantaren I, Desa Mantaren II dan Desa Mintin yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Kapuas. Dimana di daerah ataupun Desa tersebut setiap tahunnya rawan akan terjadinya Karhutla,” kata Widodo.

Dikatakan Widodo, selain Kegiatan Pemasangan Spanduk Karhutla, pihaknya melalui Bhabinkamtibmas juga telah melakukan upaya sosialisasi dan edukasi tentang bahaya Karhutla kepada masyarakat Desa/Kelurahan di Kecamatan Kahayan Hilir. Dan saling bekerjasama untuk bersama-sama melakukan penyuluhan serta sosialisasi terkait permasalahan Karhutla tersebut.

“Tujuan kegiatan ini tidak lain sebagai bentuk upaya pencegahan dini yang dilakukan oleh Polsek Kahayan Hilir Polres Pulpis dalam menghimbau dan mengedukasi masyarakat tentang bahaya Karhutla bagi kesehatan dan kerugian lainnya yang ditimbulkan sebagai dampak dari Karhutla, dimana tidak lama lagi kita akan memasuki musim Kemarau,” terang Widodo.

Diharapkan dengan adanya Pemasangan Spanduk dan Soialisasi / Penyuluhan tentang Karhutla sejak dini yang dilakukan oleh Polsek Kahayan Hilir tersebut, nantinya akan dapat merubah pola pikir masyarakat terhadap dampak buruk yang diakibatkan oleh karhutla.

“Selain itu, kita harapkan agar dalam pencegahan Karhutla, seluruh MPA dan unsur tekait lainnya bisa lebih dioptimalkan kembali dalam hal Penanggulangan/Pencegahan Karhutla,” tandasnya. KABAR TODAY.COM

Comments

comments