Polisi Lakukan Pengawasan Dan Pemeriksaan Bahan Pangan Asal Hewan

ERWIN | Tolitoli – Memasuki Hari Raya Idul Adha 1441 H yang jatuh pada Tanggal 31 Juli 2020, Polres Tolitoli melalui Bidang Ekonomi Satuan Intelkam bersama dengan Dinas Peternakan Kabupaten Tolitoli dan Dokter Hewan dr. Usman melakukan pengawasan dan pemeriksaan terhadap bahan pangan asal hewan dibeberapa pasar Tradisional, Rabu (29/7/2020).

Dua bahan pangan pokok utama dalam menyambut Idul Adha yang dilakukan pemeriksaan meliputi daging sapi dan daging ayam yang banyak beradar di pasar Bumi Harapan dan pasar Susumbolan Kelurahan Baru Kecamatan Baolan Kabupaten Tolitoli.

Dari sasaran pemeriksaan kali ini, yang lebih di fokuskan terhadap daging ayam yang dipompa/disuntik, daging ayam yang terindikasi terkena penyakit, daging ayam yang mati tidak disembelih.

Berikut daging sapi gelonggongan, daging sapi yang mengandung cacing parasit, daging sapi yang mati tidak disembelih serta izin usaha pemotongan dan penjualan daging.

Kanit Bidang Ekonomi Sat Intelkam Polres Tolitoli Aipda Dede Sopian SH mengatakan, kegiatan pemeriksaan hewan dipasar tradisional menjelang Hari Raya Idul Adha ini bertujuan untuk menjamin ketersediaan bahan pangan asal hewan dan memastikan produk asal hewan di Kabupaten Tolitoli terutama di wilayah Kecamatan Baolan masuk dalam kategori Aman, Sehat, Utuh, dan Halal (ASUH).

“Hasil pengawasan dan pemeriksaan kami, daging yang beredar di pasaran tidak ada daging ayam maupun daging sapi yang menyalahi aturan” kata Kanit Bidang Ekonomi Sat Intelkam Polres Tolitoli saat ditemui dilapangan. KABARTODAY.com

Comments

comments