Pohon Tumbang Sempat Tutupi Jalur Trans Sulawesi

ERWIN | TOLITOLI – Angin kencang dan Hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi yang terjadi selama siang hari mengakibatkan pohon tumbang di jalan nasional, tepatnya di desa Kapas, KecamatanDakopamean Kabupaten Tolitoli, Sabtu (11/1). Akibatnya, akses lalu lintas dari Tolitoli menuju Kabupaten Buol di jalur Trans Sulawesi sempat terhenti.

Kepala Polisi Sektor Dakopamean Kabupaten Tolitoli, Iptu Dickry Sutardjo mengatakan, pohon tumbang terjadi Siang menjelang Sore hari. Akibat material pohon yang menutup badan jalan, akses lalu-lintas sempat terhambat.

Ia menambahkan, Personil Polsek Dakopamean melalui Bhabinkamtibmas Desa Kapas Brigadir Sawaludin Ebo bersama masyarakat, melakukan upaya untuk membersihkan batang dan ranting pohon yang menutup jalan. “Informasi di lapangan, pada sore hari arus lalu lintas sudah berjalan seperti biasa nya, Kondisi aman dan kondusif,” kata Dickry

Meski pohon tumbang sempat membuat akses lalu lintas terhambat, selama beberapa saat, Dickry menyebut tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Menurut dia, jalur di wilayah Kabupaten Tolitoli memang terdapat banyak pohon rindang di sepanjang jalan. Ia menilai, kejadian serupa bisa saja terjadi lantaran wilayah itu rawan pohon tumbang.

Kendati demikian, pihaknya akan terus siaga mengantisipasi kejadian serupa. Bahkan, jika terjadi yang tidak di inginkan kami akan menyediakan alat berat, untuk melakukan penanggulangan jika terjadi bencana di wilayah utara Kabupaten Tolitoli.

Ia mengimbau warga dan pengguna jalan untuk terus berhati-hati dan waspada. Pasalnya selama musim hujan, potensi bencana hidrometeorologi, seperti banjir, longsor, angin kencang, dan pohon tumbang, akan meningkat.

“Tentu semua pengendara harus betul-betul waspada saat berkendara, khususnya saat hujan,” kata Kapolsek Dako Pamean Iptu Deckry KABARTODAY.com

Comments

comments