Pohon Miring Ancam Keselamatan Pengendara Dan Warga Setempat

ERWIN | TOLITOLI – Sepanjang jalan Yos Sudarso tepatnya di kilometer satu kelurahan Sidoarjo, kecamatan Baolan kabupaten Tolitoli Sulawesi Tengah, terlihat dipenuhi pohon yang sudah miring ke arah jalan dan mengarah kerumah warga. Atas kondisi tersebut warga khawatir bisa membahayakan para pengguna jalan dan masyarakat yang tinggal di seputaran kuburan cina.

Salah satu masyarakat setempat Moh. Djubir mengatakan, mengaca pada tahun 2019, pernah ada pohon yang tumbang akibat angin kencang dan hujan deras. Kondisi tersebut khawatir kembali terjadi sehingga bisa memakan Korban nantinya.

“Tahun lalu satu pohon tumbang ke tengah jalan, dan hampir merusak rumah warga, alhamdulillah tidak ada korban, cuma teras rumah saja yang rusak, danjalanan menjadi macet,” ucap Djubir, kepada Wartawan, Kamis malam (03/4).

Djubir menambahkan, jika dibiarkan terlalu lama, maka pohon akan semakin tua dan semakin rapuh, sehingga tidak menutup kemungkinan akan menelan korban, dan setiap.ada kendaraan yang lewat di jalan trans sulawesi ini harus sangat berhati hati, khususnya mobil truck, dan mobil kontainer.

“Kalau dibiarkan saja kemungkinan besar akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, salah satu contoh saja semalam ada ada mobil Truck Box yang melintas dari arah pelabuhan Dede Menuju Kota Tolitoli, tampa sadar sopir truck saat melintas dijalan ini, bagian atas Trucknya tersangkut cabang pohon yang miring, sshingga mengakibatkan kerusakan parah pada mobil tersebut,” tambahnya.

Ia menuturkan, maka dari itu harus ada tindakan tegas dari pemerintah daerah dalam hal ini dinas tata Ruang Tolitoli, hal ini sangat tepat jika di sampaikan kepada wartawan untuk diberitakan biar pemerintah mengetahuinyadan bisa segera di tindak lanjuti.

“Intinya kita minta kerja sama dengan dinas Tata Ruang, untuk melakukan penebangan pohon yang menjuntai ke arah jalan, menuju kerumah warga” pintanya.

Babinkamtibmas Kelurahan sidoarjo Sefri, saat di wawancarai mengaku, setiap hari selalu melewati jalan tersebut, ia sangat berharap agar pohon yang miring tersebut segera dilakukan penebangan, ditambah jalan Trans Sulawesi jalur ini dimalam hari sangat gelap gulita, tidak ada penerangan lampu jalan, diharapkan pihak dinas bisa memasang penerangan lampu jalan, guna menghindari hal hal yang tidak di inginkan apalagi saat ini sudah memasuki musim hujan dan angin besar yang akan membuat pohon semakin rapuh dan sangat berbahaya.

“Di potong saja, soalnya musim hujan ditambah angin besar, takutnya ada korban, jangan sampai ada korban, dan berharap pihak dinas bisa memasang lampu jalan, karna jalan Yos Sudarso dikelurahan Sidoarjo tidak ada penerangan lampu jalan, (Tepatnya di depan kuburan Cina),” pungkasnya. KABARTODAY.com

Comments

comments