Perpusip Pulang Pisau Gelar Lomba Bercerita

SUYANTO | PULANG PISAU | KALTENG – Dinas Perpustakan dan Kearsipan (Perpusip) Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) Kalimantan Tengah menggelar Lomba Bercerita bagi Siswa Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) tingkat Kabupaten Pulpis Tahun 2019.

Lomba tersebut bertemakan ” MENUMBUH KEMBANGKAN KEGEMARAN MEMBACA DAN KECINTAAN TERHADAP BUDAYA LOKAL, DALAM UPAYA MEMBANGUN KARAKTER KECERDASAN DAN INOVASI MUDA INDONESIA ” yang di selenggarakan di Aula Kantor Bappedalitbang, Senin (29/4).

Bupati Pulpis H. Edy Pratowo S.sos,MM yang diwakili oleh Ass I Bidang Pemerintahan Susilo I Tamin pada sambutannya sekaligus membuka acara tersebut mengatakan bahwa kegiatan Lomba Bercerita tingkat SD/MI tahun 2019 yang merupakan peningkatan SDM dan menciptakan masyarakat menjadi terdidik, terpelajar serta mampu mengikuti peristiwa dan perkembangan teknologi.

“Penyelenggaraan lomba Bercerita ini merupakan salah satu upaya yang tepat untuk meningkatkan kegemaran membaca dikalangan peserta didik tingkat SD/MI, oleh sebab itu dalam kegiatan formal atau nonformal kegiatan membaca harus ditingkatkan melalui pembinaan maupun pengembangan,” terangnya.

Sementara itu Kadis Perpusip Drs. Widiharsono, MP menyebutkan pada lomba kali ini bertujuan mencari bibit unggul yang terpendam di daerah Pedesaan dan Kecamatan untuk diseleksi di Kabupaten sehingga nantinya jika berhasil memenangkan Lomba tersebut akan dilombakan pada tingkat Provinsi, jika menjadi yang terbaik di tingkat Provinsi akan diikut sertakan untuk mewakili Pulpis ke tingkat Nasional.

“Dengan adanya lomba ini, diharapkan siswa-siswi mulai dari dini selalu mencintai budaya yaitu budaya tradisional, budaya bangsa khususnya di Kabupaten Pulpis sehingga nantinya akan tertanam rasa cinta tanah air. Para peserta akan dinilai dari segi gaya pembawaan, penguasaan materi, intonasi, gerakan, serta peralatan atau alat peraga yang dibawa dan ditampilkan peserta,” pungkas Widi. KABARTODAY.COM

Comments

comments