Penumpang Kapal Roro Masih Minim , Bupati Pulpis Ingatkan Dishub

Kalteng, Kabar Today.com – Kapal Roro dengan rute perjalanan dari Pulang Pisau – Lamongan PP.,yang bersandar di Pelabuhan Sei Tunggul Kabupaten Pulang Pisau masih sepi penumpang, hal itu mendapat perhatian serius dari Bupati Pulang Pisau H. Edy Pratowo.

Edy meminta kepada Dinas Perhubungan (Dishub) untuk terus gencar memperkenal dan mempromosikan keberadaan pelabuhan laut Sei Tunggul tersebut. Supaya bisa dimanfaatkan sebagai jasa transportasi laut pada umumnya.

“Kepada Dishub, saya minta agar tahun ini bisa membuat inovasi serta lebih gencar untuk mempromosikan dan memperkenalkan keberadaan pelabuhan Sei Tunggul ini kepada masyarakat luas baik melalui media cetak, elektronik maupun radio. Sehingga bisa di manfaatkan sebagai jasa transportasi laut secara maksimal,” kata Edy Pratowo, Rabu (16/01/2018).

Dia juga menjelaskan, bahwa saat ini tarif kapal masih disubsidi oleh pemerintah selama 1 tahun. Maka dari itu, Edy meminta agar Dinas terkait proaktif mencari terobosan-terobosan, dimulai dari membuat pamplet, iklan dan lain sebagainya.

“Dishub harus lebih proaktif dalam mempromosikan keberadaan pelabuhan Sei Tunggul ini kepada masyarakat umum dan juga pelaku usaha. Apalagi pihak Syah Bandar sudah menyatakan membantu untuk mempromosikannya, sehingga nantinya keberadaan Kapal yang sudah bersandar di pelabuhan Sei Tunggul ini bisa diketahui dan diminati masyarakat secara luas,” papar Edy.

Lebih lanjut Edy juga menjelaskan, selain dengan promosi dari SOPD terkait, pihaknya akan terus mendorong agar pihak Pemerintah Provinsi ( Pemprov) untuk mempercepat penyempurnaan pembangunan Infrastruktur jalan Pulang Pisau – Bahaur.

“Masih minimnya penumpang kapal laut yang sudah beroperasional ini juga akibat terkendala akses jalan menuju ke pelabuhan Sei Tunggul, oleh sebab itu pihak kami akan terus mendorong Pemprov agar secepatnya menyempurnakan pembangunan infrastruktur jalan Pulang Pisau – Bahaur tersebut, ” jelasnya.

Lebih lanjut, Edy juga menjelaskan, keterlibatan dari kabupaten lain untuk mempergunakan jasa transportasi di pelabuhan itu juga tidak kalah pentingnya. Untuk itu pihaknya telah menyampaikan surat kepada Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran untuk memfasilitasi kabupaten sekitar agar mempergunakan dan juga memanfaatkan pelabuhan Sei Tunggul sebagai sarana transportasi laut pada umumnya baik perjalanan dari Pulang Pisau-Lamongan ataupun sebaliknya. (Suyanto).

Comments

comments