Pengunjung Pasar Mingguan Pamarungan Ikuti Protokol Kesehatan

SUYANTO | PULANG PISAU | KALTENG – Hj. Deni Widanarni selaku Ketua Koordinator bidang pencegahan Covid-19 Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) mengucapkan terimakasih kepada semua pedagang dan pembeli yang berada di Mingguan Pamarungan Kecamatan Kahayan Tengah yang telah menerapkan protokol kesehatan di area pasar.

“Selain sudah menggunakan masker, para pengunjung pasarpun tidak terlihat berkerumun atau berjubel,” kata Deni saat memmemberikan Edukasi dan Sosialisasi Covid-19 bersama Tim Gugus Tugas di Pamarungan tersebut, Selasa (16/06).

Tidak bosan-bosannya, Deni menghimbau kepada pengunjung pasas, apabila pulang dari pasar segera cuci tangan, ganti baju dan mandi. Serta selalu menjaga pola hidup sehat karena didalam badan yang sehat, terdapat jiwa yang sehat juga.

“Dari beberapa pasar yang ditinjau, pasar ini tergolong pasar yang terkecil. Akan tetapi bukan berarti tidak menimbulkan resiko besar apabila tidak mematuhi himbauan ataupun anjuran terkait pencegahan penyebaran Covid-19,” pintanya.

Ucapan terimakasih juga, diberikan kepada tim relawan dari desa maupun kecamatan yang telah membatasi keluar masuk warganya dan diharapkan bisa terus diterapkan selama kondisi pandemi Covid-19 ini belum berakhir.

“Hari ini kita juga membagikan masker dan kaos kepada kaos yang ada slogannya, diharapkan slogan tersebut bukan hanya sekedar dibaca dan diterapkan,” pungkasnya.

Sementara itu, Camat Kahayan Tengah, I Ktut Nitra menjelaskan, Pasar Mingguan Desa Pamarunan ini setiap minggunya selalu didatangi pedagang dari Palangkaraya, tapi untuk pedagang ikan dan sayur berasal dari pedagang lokal Kahayan Tengah.

“Selama pandemi Covid-19 ini, kami sudah menginformasikan kepada masyarakat, untuk bisa menanam sayuran sendiri untuk antisipasi kenaikan bahan makanan. Sedangkan, untuk stok sembako sudah tercukupi, gula saja yang saat ini mengalami kenaikan tapi masih bisa terjangkau,” tuturnya.

Diakuinya, masyarakat di Kahayan Tengah beraktifitas seperti biasa biarpun ada beberapa warga yang ditetapkan ODP, PDP maupun yang positif, beraktifitas seperti biasa.

“Seluruh pintu masuk termasuk jalur alternatif kita tutup dan dibuka satu pintu saja guna mendeteksi arus keluar masuk warga,” jelas Ktut.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Jubir Gugus Tugas Covid-19 Pulpis, Moh. Insyafi mengingatkan, angka Covid-19 di Pulpis masih meningkat, diharap ada kerjasama dan kesadaran dari semua lapisan masyarakat dengan mengikuti segala anjuran dan menjalankan ptotokol kesehatan guna menekan angka penyebaran Covid-19.

“Kesadaran masyarakat sangat diperlukan agar bisa terhindar dari virus corona ini. Jaga kecamatan Kahayan Tengah agar terbebas dari Covid-19,” singkat Isnyafi. KABAR TODAY.COM